Jalin Kerja Sama dengan PNM, Kemnaker Berupaya Pulihkan Ekonomi Nasional

Rahmad Novandri | Senin, 01/03/2021 18:40 WIB
Jalin Kerja Sama dengan PNM, Kemnaker Berupaya Pulihkan Ekonomi Nasional Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam program pemulihan ekonomi nasional ditengah COVID-19. Salah satunya adalah kerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM) sebagai mitra program wirausaha.

"Kami menyambut positif tawaran kerja sama dengan PNM dan kami sudah minta Dirjen Binapenta dan Binalattas untuk mencari hal-hal yang bisa dikerjasamakan secara konkrit," kata Menaker Ida Fauziyah saat menerima kunjungan Direktur Utama PT PNM, Arief Mulyadi, di Jakarta, Senin, 1 Maret 2021.

Menurut Ida, PNM akan membantu dalam sisi peningkatan kompetensi pendampingan dan juga program-program kewirausahaan yang dilakukan oleh Kemnaker yang nantinya bisa meningkatkan modal dari PNM. "Untuk kerja sama kewirausahaan itu, setiap peserta yang lulus pelatihan tersebut mendapatkan modal dari PNM atau yang kita latih bisa menjadi pendampingnya," ujarnya.

Hal senada dikatakan Dirut PT PNM, Arief Mulyadi. Menurutnya, PNM menyambut baik kerja sama yang disampaikan Menaker untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. "Kami sangat terima kasih dan ini akan menjadi tambahan amunisi nilai tambah kepada masyarakat. Kerja sama ini nantinya masyarakat tidak hanya terbina secara ekonominya, tapi lebih integratif dengan kegiatan-kegiatan lainnya," terangnya.

Arief mengatakan, nantinya pemberdayaan ekonomi dilakukan kepada masyarakat, terutama yang berada di kawasan perdesaan dan perkotaan, sehingga masyarakatnya menjadi produktif. "Kita bisa kerjasamakan karena di BLK-BLK Komunitas Kementerian Ketenagakerjaan itu sangat beririskan dengan wilayah layanan nasabah kami yang saat ini sudah 4620 kecamatan," kata Arief yang didampingi Direktur Keuangan PT PNM, Tjatur H. Priyono; Kadiv SDM PT PNM, Henry Yunus Pangemanan; dan Direktur Utama PT Micro Madani Institute, Lalu Dodot Patria Ary.

Pada pertemuan itu, turut hadir mendampingi Menaker Ida, yakni Dirjen Binapenta & PKK, Suhartono; Dirjen Binalattas, Budi Hartawan; Plt. Dirjen PHI & Jamsos, Tri Retno Isnaningsih; dan Staf Khusus Menaker, Dita Indah Sari.