IHSG Dibuka Merah, Pelemahan Diprediksi Berlanjut

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 01/02/2021 10:35 WIB
IHSG Dibuka Merah, Pelemahan Diprediksi Berlanjut Ilustrasi. Indeks Harga Saham Gabunga (IHSG) hari ini dibuka menguat (Doc: 99)

RADARBANGSA.COM - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan pelemahan di awal perdagangan Februari ini.

Melansir dari RTI, IHSG di pukul 09.00 dibuka merah di posisi 5.856.78 Pelemahan ini nampaknya akan melanjutkan tren pelemahan yang sudah berjalan selama seminggu.

Head of Investmemt MNC Asset Management, Ipan Hutabarat menilai jika aksi pelemahan sepanjang satu minggu kemarin dipicu oleh banyak investor yang melakukan aksi net sell disusul dengan analisa investor terhadap laporan keuangan emiten.

“Jadi beberapa investor itu akan mulai melakukan transaksi keuntungan dan ada juga yang mulai melihat laporan keuangan, seperti BNI, BRI, Mandiri itu kinerjanya jelek dibandingkan dengan tahun 2019. Nah kemungkinan mereka (investor) akan melakukan realokasi atau rebalancing,” tutur Ipan dalam wawancaranya terhadap IDX Channel, Senin 1 Februari

Ipan melanjutkan, dengan adanya situasi pandemi saat ini, Indonesia di 2021 diperkirakan masih melakukan pemulihan. Situasi ini juga akan berdampak ke perkembangan IHSG yang secara bertahap akan mengalami perbaikan.

“Sebenarnya sudah in line dengan prediksi para investor dari institusi khususnya. Tapi yang lebih dicermati investor saat ini adalah bagaimana perkembangan dari covid ini sendiri dan bagaimana kebijakan pemerintah menanganinya,” tutup Ipan.


Berita Terkait :