BI: Aktivitas Dunia Usaha Membaik

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 13/01/2021 11:27 WIB
BI: Aktivitas Dunia Usaha Membaik Salah satu sisi supermarket Giant Cinere Mall (dok Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) merilis hasil survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU).

Melalui survei tersebut BI mencatat jika aktivitas  dunia usaha masih berada pada fase kontraksi. Namun BI mencatat kontraksi ini tidak separah di Triwulan sebelumnya.

“Kegiatan dunia usaha membaik pada triwulan IV 2020, meskipun masih dalam fase kontraksi,” ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, Rabu 13 Januari 2021.

Erwin merinci pada nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada triwulan IV 2020 adalah sebesar -3,90% atau lebih baik dari posisi -5,97% pada triwulan III 2020.

Perbaikan kegiatan usaha terjadi karena kinerja sejumlah sektor yang tumbuh positif. Beberapa sektor ini adalah sektor Pengangkutan dan Komunikasi; Keuangan, Real Estate dan Jasa Perusahaan; Listrik, Gas dan Air Bersih, serta Jasa-jasa.

Selain itu, sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran: sektor Industri Pengolahan dan sektor Konstruksi terindikasi membaik.

Erwin lantas mencatat perbaikan kondisi kegiatan usaha didukung oleh permintaan yang meningkat saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru. Ketersediaan bahan baku produksi, dan jumlah pelanggan baru di subsektor listrik tercatat meningkat.


Berita Terkait :