NTT Lakukan Percepatan Tanam Kawasan Food Estate

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 19/11/2020 11:18 WIB
NTT Lakukan Percepatan Tanam Kawasan Food Estate Lahan pertanian tembakau di Indonesia (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama dengan Bupati Sumba Tengah tengah melakukan percepatan tanam pada Kawasan Food Estate di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur.

Diketahui, Kabupaten Sumba Tengah menjadi salah satu lokasi yang ditunjuk untuk menjadi Kawasan Food Estate di Indonesia. 

Direktur Aneka Kacang dan Umbi Kementerian Pertanian, Amiruddin Pohan memaparkan jika Food Estate ini merupakan kawasan elit pertanian yang didalamnya akan terdapat banyak komoditas baik dari pangan, hortikultura dan perkebunan di satu Kawasan.

“Target kita dalam 3 bulan ini semua kawasan Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah akan selesai penanaman baik itu untuk padi maupun jagung," demikian jelas Amiruddin di Sumba Tengah, Kamis 19 November 2020.

Ia merinci dari 5000 ha lahan potensial pertanian ini sebanyak 3000 ha akan ditanami padi sedangkan 2000 ha akan ditanami jagung.

Untuk stok benih padi dan jagung telah disiapkan, dalam waktu dekat petani bisa langsung menanam.

"Selain bantuan benih untuk program Food Estate di Sumba Tengah, diberikan juga bantuan pompa sumur bor terutama pada daerah-daerah rawan kekeringan di Sumba Tengah," tukas dia.

Sementara itu khusus di program Food Estate Sumba Tengah telah diberikan bantuan pompa sehingga ketersediaan air irigasi benar-benar bisa dipenuhi.

"Yaitu pompa sumur bor baru 10 unit, rehab pompa sumur bor eksisting tenaga solar cell 10 unit, dan rehab pompa sumur bor eksisting tenaga diesel 3 unit," sebutnya.

Bupati Sumba Tengah, Paulus SK Limu menegaskan akan mendukung penuh kegiatan ini dengan memastikan semua proses berjalan dengan baik.

"Kami yakin kegiatan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kab. Sumba Tengah dan dapat merubah wilayah NTT ini menjadi lebih baik," tukas Paulus.

 

TAG : NTT , Food Estate