Temui Trump, Luhut Apresiasi Fasilitas GSP Untuk Indonesia

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 18/11/2020 16:45 WIB
Temui Trump, Luhut Apresiasi Fasilitas GSP Untuk Indonesia Menteri Luhut temui Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Washington D.C. (Doc: Kemenko Marves)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menemui Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington D.C.

Dalam pertemuan tersebut Luhut mengapresiasi kebijakan Trump untuk memberi fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) oleh United States Trade Representative (USTR) kepada Indonesia.

“Perpanjangan GSP itu memberikan peluang bagi lapangan kerja dan kesempatan bagi banyak sekali UKM di Indonesia,” ungkap Luhut dalam keterangan resminya, Rabu 18 November 2020.

Ia mengatakan semula dirinya memperkirakan pencabutan GSP yang dilakukan kepada India dan Turki juga akan dilakukan kepada Indonesia. Tetapi AS jutru mempertahankan fasilitas GSP kepada Indonesia.

“Terima kasih atas kerjasama yg baik sehingga GSP Review dapat diselesaikan dengan baik.,” imbuh Luhut.

Ia  lantas menyampaikan keyakinannya bahwa Indonesia akan selalu menjadi mitra strartegis bagi AS dalam ekonomi maupun geopolitik sehingga berharap pembicaraan yang lebih luas dan strategis dapat dilakukan kemudian hari.

“Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti,” tukas luhut

TAG : trump , luhut , gsp

Berita Terkait :