Menkeu: Pemulihan Ekonomi Akan Tetap Berlanjut di 2021

Anata Lu’luul Jannah | Kamis, 05/11/2020 09:01 WIB
Menkeu: Pemulihan Ekonomi Akan Tetap Berlanjut di 2021 Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: twitter @KemenkeuRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan jika program pemulihan ekonomi akan terus berlanjut pada tahun 2021.

Hal ini mengingat keberadaan vaksin yang tidak akan bisa sepenuhnya membalikkan keadaan ekonomi negara dalam rentang waktu yang cepat.

“Tahun 2021 kita akan tetap melaksanakan pemulihan ekonomi karena ternyata sampai akhir tahun walaupun ada upaya penemuan vaksin Itu tidak akan terjadi secara serentak dan cepat pada awal tahun 2021,” ungkap Menkeu dalam video conference, Rabu 4 November.

Oleh karenanya ia mengatakan jika pihaknya telah merancang APBN 2021 dengan tema khusus pemulihan di bidang kesehatan.

“Kenaikan di anggaran kesehatan masih cukup besar di atas 5% bahkan di atas 6% dalam rangka antisipasi untuk vaksinasi,” imbuh menkeu.

Dalam rangka melanjutkan pemulihan ekonomi, APBN 2021 juga dirancang untuk mengalokasikan progam perlindungan sosial, meskipun besaran yang diberikan mungkin tidak akan sebesar di tahun 2020.

“Mungkin tidak akan sebesar tahun 2020, namun cukup sangat luas, mengingat anggaran kesehatan meningkat, ketahanan pangan, pariwisata akan dihidupkan kembali dan infrastruktur akan mulai digiatkan kembali,” imbuh Menkeu. 

Ia mengatakan pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin supaya ekonomi kembali bangkit dan pada saat ekonomi bangkit APBN mulai disehatkan kembali.

“Oleh karena itu, pada saat kita memfokuskan pemulihan ekonomi, APBN juga melakukan reformasi. Reformasi di bidang perpajakan dilakukan, penerimaan negara terus ditingkatkan tanpa menyebabkan ekonomi menjadi lemah kembali,” tukas menkeu.