Jokowi: Agenda Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2021 Harus di-Start Dari Sekarang

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 02/11/2020 17:47 WIB
Jokowi: Agenda Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2021 Harus di-Start Dari Sekarang Aktivitas Perekonomian di Pasar mulai menggeliat (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Presiden Jokowi menyampaikan kepada jajaran kementerian untuk mempersiapkan agenda pertumbuhan ekonomi Kuartal I 2021 dari sekarang. Hal ini ia sampaikan agar jeda yang ada antara tahun 2020 dan 2021 tidak menjadi penghambat turunnya pertumbuhan ekonomi di 2021.

“Kuartal  Pertama 2021 juga harus mulai dari sekarang. Begitu Bapak/Ibu mulai menerima DIPA itu sudah bisa langsung ada lelang, sehingga nantinya kita harapkan Bulan Januari Februari Maret tidak stuck, gak setelah kuartal IV langsung drop,” ungkapnya dalam Rapat Arahan Presiden, Senin 2 November 2020.

Jokowi lantas mengatakan jika agenda pertumbuhan perekonomian Kuartal I 2021 utamanya didorong melalui percepatan belanja sosial.

“Saya ingatkan sekali lagi agenda pertumbuhan Kuartal I 2020 pun harus didesain dari sekarang agar kegiatan itu dimulai pada bulan januari, terutama yang paling cepat itu bantuan sosial,” imbuhnya.

Ia khususnya meminta agar belanja modal terutama infrastruktur di Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan yang sudah dapat dilakukan dari sekarang untuk segera dilakukan mengingat stabilisasi pertumbuhan ekonomi di 2021 mungkin akan sulit.

“Yang bisa digiring untuk segera dimulai sekarang ya mulai,” tukasnya.