KSSK: Sistem Keuangan di Triwulan III Tetap Terjaga

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 28/10/2020 14:01 WIB
KSSK: Sistem Keuangan di Triwulan III Tetap Terjaga Petugas bank berikan koreksi jumlah peredaran mata uang rupiah (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyampaikan bahwa Sistem Keuangan di Triwulan III 2020 tetap terjaga sejalan dengan adanya perbaikan aktivitas ekonomi global.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani selaku ketua komite meyebut pemulihan pada aktivitas perekonomian globa terjadi pasca dunia mengalami tekanan yang sangat berat pada triwulan ke-2 tahun 2020.

“Ini sejalan dengan revisi proyeksi tahun 2020 untuk pertumbuhan ekonomi dunia oleh Internasional Monetary Fund (IMF) di mana proyeksi pertumbuhan global untuk tahun 2020 tadinya minus 5,2%  yang merupakan proyeksi pada bulan Juni 2020, sekarang direvisi menjadi minus 4,4%,” ungkap Menkeu dalam konferensi virtual KSSK, Selasa 27 Oktober 2020.

Revisi proyeksi pertumbuhan global oleh IMF ini ditopang dengan fakta bahwa pemulihan aktivitas ekonomi di triwulan ketiga tahun 2020 di negara-negara maju dan juga di RRT, serta mobilitas global yang kembali meningkat sesudah mulai dilaksanakannya kelonggaran pembatasan sosial.

Untuk Indonesia, ia mengungkap jika perekonomian domestik telah menunjukkan perbaikan. Perbaikan inj didorong dengan percepatan realisasi dari stimulus fiskal dalam APBN, dan perbaikan dari sisi ekspor.

“KSKK akan terus mendukung proses pemulihan ekonomi yang sudah mulai berjalan dengan memobilisasi seluruh instrumen kebijakan dan aspek regulasinya,” tukas Menkeu.