Indonesia dan Korsel Lakukan Penguatan Kerjasama di Bidang Investasi

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 28/10/2020 07:02 WIB
Indonesia dan Korsel Lakukan Penguatan Kerjasama di Bidang Investasi Industri di Indonesia Siap Tamping Investor Asing (Foto: Merdeka.com)

 

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Indonesia dengan Korea Selatan tengah melakukan penguatan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi.

Diungkapkan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, bahwa Indonesia sangat terbuka menyambut investasi asing khususnya di industri yang berfokus pada substitusi impor.

“Kami sangat menyambut investasi di berbagai sektor industri. Khususnya industri substitusi impor, industri berorientasi ekspor, industri padat karya, dan industri produk berbasis teknologi tinggi,” kata Menperin kata dalam sambutannya secara virtual pada acara Segye ASEAN Forum 2020, Selasa 27 Oktober 2020.

Sebelumnya, pada tahun 2019 pemerintah mencatat jika transaksi perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan mencapai USD15,6 miliar.

Beberapa komoditas Indonesia yang diekspor ke Korea Selatan ini adalah besi dan baja, kayu dan barang dari kayu, mesin dan peralatan listrik, serta barang jadi dan aksesoris pakaian.

Selain itu, Agus menyebutkan jika sejumlah investor besar seperti Samsung dan Posco telah mananamkan modalnya di Indonesia. Sedangkan, beberapa investor lainnya juga sedang melakukan pertimbangan untuk memperluas usahanya di Indonesia. Beberapa investor ini adalah Hyundai, Lotte Chemical, dan LG Chemical.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia karena dipercaya sebagai rumah bagi perusahaan-perusahaan terkemuka untuk makin berkembang di masa depan,” tukasnya.