Sri Mulyani Tegaskan Ketersediaan Vaksin Dukung Pemulihan Ekonomi

Rahmad Novandri | Jum'at, 16/10/2020 19:50 WIB
Sri Mulyani Tegaskan Ketersediaan Vaksin Dukung Pemulihan Ekonomi Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: twitter @KemenkeuRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan, ketersediaan dan akses atas vaksin sangat penting dalam penanganan COVID-19 sekaligus mendukung pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional dari dampak pandemi. Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani dalam pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 yang diselenggarakan secara virtual.

“Ketersediaan dan akses atas vaksin sangat penting dalam penanganan COVID-19 dan mendukung pemulihan ekonomi,” kata Sri Mulyani dalam keterangan resmi Kemenkeu, Jumat, 16 Oktober 2020.

Pertemuan itu menegaskan pentingnya aksi bersama untuk mendukung R&D, produksi, dan distribusi COVID-19 tools yang meliputi diagnostik, terapi, serta vaksin. Dicontohkan, seperti imunisasi yang dilakukan secara luas merupakan barang publik global atau global public good dalam rangka pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19.

Aksi bersama dalam mendukung proses penanganan pandemi dilakukan dengan tujuan untuk mendukung akses yang merata dan terjangkau bagi seluruh masyarakat. Tak hanya itu, negara-negara G20 juga menekankan pentingnya pembiayaan Universal Health Coverage (UHC) bagi negara berkembang untuk meningkatkan daya tahan, kesiapan, dan respon dari sistem kesehatan terhadap pandemi.


Berita Terkait :