Wakil Ketua DPR Minta Banpres Produktif Digunakan untuk Kebutuhan Produktif

Rahmad Novandri | Senin, 14/09/2020 19:16 WIB
Wakil Ketua DPR Minta Banpres Produktif Digunakan untuk Kebutuhan Produktif Rachmat Gobel (Wakil Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel berharap Banpres (Bantuan Presiden) Produktif bisa menjadi tambahan modal bagi para pelaku UMKM. Ia berpesan kepada para penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya agar tetap survive meskipun dilanda pandemi.

“Saya tegaskan Banpres Produktif yang diberikan presiden dipakai sebaik-baiknya dalam membantu usaha bapak ibu sekalian. Jangan dipakai untuk hal-hal yang konsumtif, tetapi dipakai untuk hal-hal yang produktif," kata Gobel dilansir dari dpr.go.id, Senin, 14 September 2020.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan program Banpres Produktif kepada pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19. Banpres ini akan diberikan kepada 12 juta pelaku UMKM, namun di tahap pertama akan disalurkan ke 9,1 juta pelaku UMKM terlebih dahulu.

Dalam kunjungan kerja ke Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y), Sabtu, 12 September 2020 lalu, Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) ini melihat langsung sentra-sentra UMKM di tengah kondisi pandemi COVID-19. Salah satunya ke tempat pelaku usaha jajanan pasar penerima Bantuan Presiden Produktif milik Ibu Suryani di Desa Sendangsari, Kulon Progo.

Ia menegaskan Banpres Produktif untuk pelaku UMKM harus tepat sasaran dan transparan. “Saya meninjau langsung ke lapangan khususnya di Kulon Progo, para pelaku Usaha Kecil Menengah penerima program Bantuan Presiden untuk sektor UKM dilakukan tepat sasaran,” pungkas politisi Partai NasDem itu.