Tekan Ekonomi Minus, Menkeu Akan Genjot Investasi dan Konsumsi

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 18/08/2020 11:58 WIB
Tekan Ekonomi Minus, Menkeu Akan Genjot Investasi dan Konsumsi Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah menyebut akan menggenjot laju investasi dan konsumsi guna menekan pertumbuhan ekonomi yang minus.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan dua variabel yang penting dalam menumbuhkan ekonomi di Indonesia adalah konsumsi dan investasi,

“Kedua variabel tersebut mampu menyumbangkan hampir mendekati 90% dari keseluruhan ekonomi Indonesia. Maka, Pemerintah melalui belanja negara yang ada di dalam APBN akan terus berjuang untuk bisa menggunakan anggaran yang sudah dialokasikan” jelasnya pada Selasa 18 Agustus 2020.

Ia menuturkan belanja negara ini nantinya akan dapat mengembalikan daya beli dan memulihkan tingkat konsumsi masyarakat.

Belanja negara ini lanjutnya, juga akan digunakan untuk mengembalikan kepercayaan pada dunia usaha dan sektor perbankan, sehingga kredit usaha tetap berjalan dan dunia usaha masih bisa bergulir kembali.

“Kita berharap dalam dunia usaha serta UMKM, dengan penempatan dana pemerintah di dalam perbankan bisa mendorong kembalinya kredit modal kerja, baik di perusahaan-perusahaan utama yang labor intensif, dan juga dari UMKM,” pungkasnya.