Permintaan Porang dari Flores Terus Meningkat

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 12/08/2020 12:26 WIB
Permintaan Porang dari Flores Terus Meningkat Tren Pengiriman Porang dari Flores berlanjut (Doc: Barantan)

ENDE, RADARBANGSA.COM - Badan Karantina Pertanian mencatat jika pengiriman komoditas porang terus meningkat. Tercatat hingga bulan Juli ini, nilai pengiriman porang dari Flores sudah mencapai Rp 2,7 M.

Berdasarkan data otomasi IQFAST (Indonesia Quarantine Full Automation System), pada Kuartal I lalu volume porang yang dilalulintaskan dari Flores sebanyak 2,08 ton dengan frekuensi dua kali pengiriman atau setara Rp 18 juta.

Sedangkan pada kuartal dua meningkat sebanyak 8,5 ton dengan frekuensi 19 kali pengiriman atau setara Rp 537 juta. Dan pada kuartal tiga ini berjalan ini telah mencapai 59,63 ton yaitu dengan pengiriman sebanyak 13 kali atau setara dengan Rp 2,2 miliar.

Kepala Barantan, Ali Jamil menjelaskan jika Porang dari Flores dikirim ke beberapa daerah seperti Makassar dan Surabaya untuk diekspor dalam bentuk irisan maupun tepung. Sedangkan jika di mancanegara ekspor porang banyak di tujukan kepada China, Vietnam dan Thailand.

“Potensi ini harus kita dukung agar bisa memberikan nilai lebih bagi petani dan pelaku agribisnis di Flores,” ungkapnya.


Berita Terkait :