Menteri Agus Suparmanto Lepas Ekspor Rumput Laut

M. Isa | Minggu, 02/02/2020 13:48 WIB
Menteri Agus Suparmanto Lepas Ekspor Rumput Laut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melepas ekspor rumput laut di Sidoarjo (foto: Humas Kemendag)

SIDOARJO, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan (Wamendag), Agus Suparmanto didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak dan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Tjahya Widayanti melakukan pelepasan ekspor rumput laut yang berasal dari gudang Sistem Resi Gudang (SRG) milik PT Asia Sejahtera Mina di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat 31 Januari 2020 lalu.

Dilansir kemendaggoid, rumput laut tersebut dilepas ekspornya dengan volume sebanyak 50 ton atau senilai Rp1,14 miliar.

Dalam sambutannya, Mendag Agus Suparmanto menjelaskan, mekanisme gudang SRG menawarkan terbukanya akses pasar di dalam dan luar negeri. SRG dapat mendorong pembangunan ekonomi.

“Seiring dengan perkembangan sistem informasi dan teknologi, SRG yang semula hanya digunakan sebagai instrumen tunda jual, saat ini juga dapat dimanfaatkan para pelaku usaha dalam mendukung kegiatan ekspor komoditas,” kata Mendag Agus Suparmanto.

Pada kesempatan tersebut, PT Asia Sejahtera Mina juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Kliring Berjangka Indonesia terkait pembiayaan perdagangan dengan pola pembelian kembali berbasis SRG.

Dengan pelepasan ekspor rumput laut ini, diharapkan komoditas SRG lainnya yang berorientasi ekspor dapat menduplikasi skema ini untuk meningkatkan transaksi ekspor komoditas Indonesia.


Berita Terkait :