China Perketat Impor Batubara, HBA Januari 2020 Turun

M. Isa | Selasa, 14/01/2020 19:37 WIB
China Perketat Impor Batubara, HBA Januari 2020 Turun Lokasi tambang PT Freepot Indonesia di Papua (foto: Setkab.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mentapkan harga jual pasar untuk komoditas batubara di bulan Januari 2020 sebesar USD65,93 per ton atau turun tipis USD0,37 per ton dari Harga Batubara Acuan (HBA) Desember sebesar USD 66,30 per ton.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengungkapkan penurunan HBA bulan Januari 2020 salah satunya dipicu oleh pengetatan impor batubara yang dilakukan China.

"Penyebab penurunan harga batubara pada Januari 2020 adalah pengetatan persyaratan impor batubara ke China serta kinerja impor batubara di negara-negara pengimpor terutama di kawasan Asia seperti China, India, Jepang dan Korea Selatan yang semakin menurun," ujar Agung di Jakarta 14 Januari 2020.

HBA bulan Januari akan digunakan untuk penjualan langsung (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel).

Nilai HBA sendiri diperoleh rata-rata empat indeks harga batubara yang umum digunakan dalam perdagangan batubara dunia, yaitu Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt`s 5900 pada bulan sebelumnya.


Berita Terkait :