Investasi Asing Belum Kondusif, Wamenkeu Janji Permudah Regulasi

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 16/12/2019 17:44 WIB
Investasi Asing Belum Kondusif, Wamenkeu Janji Permudah Regulasi Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sulitnya investasi asing tumbuh di Indonesia merupakan hal pokok yang menjadi fokus perhatian negara saat ini. Hal ini terjadi lantaran sulitnya regulasi investasi yang ada serta faktor geopolitik di Indonesia.

Salah satu aspek yang sempat dikeluhkan oleh pihak jajaran bank sebagai salah satu lembaga penopang ekonomi adalah iklim investasi yang tidak kondusif di Indonesia. Hal ini dikeluhkan kepada parlemen dan sempat meminta untuk menggolkan UU Investasi yang khusus di desain untuk mempermudah masuknya investasi asing di Indonesia.

Di sisi lain pemerintah patut mengambil peran untuk mengatasi rumitnya regulasi ini. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara mengatakan bahwa pemerintah akan berusaha terus memperbaiki sistem kemudahan berusaha maupun peraturan untuk meningkatkan investasi di Indonesia.

Dirinya juga mengajak para investor untuk membantu menyebarkan optimisme itu kepada para investor lain. 

Wamenkeu juga menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia masuk top tier dunia. Melihat pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang biasanya 7% kemudian turun ke 6%, India sekitar 5%, maka Indonesia bisa menembus 5% merupakan pertumbuhan yang baik.

“Saya ingin titip kepada teman-teman yang sering berbicara dengan investor, bahwa kita ada di kategori top tier, dan kita akan terus melakukan reform. Anda harus percaya, reform yang dilakukan saat ekonomi lagi naik itu hasilnya akan jauh lebih bagus. Kita yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan makin baik ke depannya,” tambahnya.


Berita Terkait :