DPR Minta UMKM Dirangsang Sistem Elektronik Perdagangan

Rahmad Novandri | Selasa, 19/11/2019 18:10 WIB
DPR Minta UMKM Dirangsang Sistem Elektronik Perdagangan Komisi VI DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Perdagangan di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (18/11). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin meminta Menteri Perdagangan untuk merangsang para pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan usaha-usaha rintisan di desa agar dapat mengejar ketertinggalan mereka dengan e-commerce. Salah satunya menurut Elly adalah dengan memperbaiki pemahaman pengaplikasian teknologi digital.

Baca Juga: DPR Minta Penerimaan Pajak Dioptimalkan Guna Minimalisir Utang

Ia menyebutkan bahwa masih banyak kendala pada segi sumber daya manusia di Indonesia yang belum merata saat ini sehingga membutuhkan edukasi yang terstruktur dan masif guna mencerahkan para pengusaha kecil tersebut.

“Kendala saat ini adalah sumber daya manusia kita keahliannya belum merata. Belum merata dalam hal memahami cara berdagang menggunakan teknologi digital, terutama pengusaha-pengusah kecil di pedesaan ya. Padahal kita ketahui mereka sebenarnya memiliki produk-produk unggulan,” kata Elly saat Rapat Kerja (Raker) dengan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 18 November 2019.

Baca Juga: Komisi VI DPR Apresiasi Kinerja PT Petrokimia Gresik

Untuk diketahui, dalam rapat yang membahas rencana pengesahan perjanjian dagang dengan negara-negara luar tersebut, disebutkan bahwa target Indonesia di bidang ekonomi adalah menjadi perekonomian digital terbesar di tahun 2020. Hal tersebut menurut Elly harus dibarengi dengan implementasi nyata menciptakan individu mandiri yang unggul di bidang perdagangan melalui sistem elektronik.

“Kami bermaksud meminta komitmen Menteri Perdagangan untuk berkoordinasi dengan K/L lain untuk menciptakan produk-produk SDM unggul di bidangnya. Terkhusus dalam pembahasan kali ini berarti memperkuat individu yang mandiri dalam menjalankan roda bisnis mereka dengan memanfaatkan sistem elektronik dengan tujuan Indonesia yang maju di bidang perekonomian digital,” tukas legislator F-PPP dari dapil Jawa Barat V tersebut.