Agus Suparmanto: Kemendag Siap Jalankan Dua Mandat Presiden

M. Isa | Minggu, 10/11/2019 17:16 WIB
Agus Suparmanto: Kemendag Siap Jalankan Dua Mandat Presiden Agus Supramanto (Menteri Perdagangan RI). (Foto: twitter @Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menegaskan, Kementerian Perdagangan siap menjalankan dua mandat yang diberikan Presiden RI Joko Widodo. Hal ini guna mewujudkan visi dan misi di bidang ekonomi dalam lima tahun ke depan.

Pernyataan tersebut disampaikan Mendag saat menggelar konferensi pers “Prioritas Penguatan Perdagangan 2019-2024” bersama Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, hari ini, Jumat 8 November 2019 lalu.

“Kementerian Perdagangan siap menjalankan dua mandat yang diberikan Presiden Joko Widodo. Pertama, menjaga neraca perdagangan yang dilakukan melalui penyelesaian perjanjian perdagangan serta melakukan kajian yang dapat memberikan manfaat terhadap ekonomi nasional. Kedua, melakukan pengendalian impor secara selektif, impor harus mengutamakan bahan baku atau bahan penolong yang bertujuan untuk ekspor dan investasi,” jelas Mendag.

Dalam mewujudkan dua mandat Presiden RI tersebut, Kementerian Perdagangan menyusun tiga kebijakan utama. Kebijakan pertama, menjaga neraca perdagangan. Strategi yang akan dilakukan adalah meningkatkan ekspor nonmigas. Ekspor barang dan jasa ditargetkan tumbuh 4,5—8,63 persen. Sedangkan ekspor nonmigas akan tumbuh 6,88-12,23 persen.

Kebijakan kedua, mengamankan dan memperkuat pasar dalam negeri, yaitu dengan menargetkan inflasi pangan sekitar 3 persen. Kebijakan ketiga, menyederhanakan birokrasi yang didukung sumber daya manusia perdagangan yang profesional dan kompeten.


Berita Terkait :