Presiden Jokowi Minta Pelaku Perbankan Biayai Sektor UMKM

M. Isa | Rabu, 06/11/2019 21:26 WIB
Presiden Jokowi Minta Pelaku Perbankan Biayai Sektor UMKM Presiden Jokowi Indonesia Banking Expo 2019 di Jakarta (foto: @jokowi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan sektor UMKM menjadi ujung tombak dalam mendorong perekonomian daerah dan nasional di tengah perlambatan perekonomian global. 

“Di tengah perlambatan perekonomian global, sektor UMKM diupayakan jadi ujung tombak mendorong perekonomian daerah dan nasional, sekaligus mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat,” tulis Presiden Jokowi melalui fanpage facebooknya, Rabu 6 November 2019.

Untuk itu, Presiden Jokowi dalam pembukaan Indonesia Banking Expo 2019 mengajak pelaku perbankan untuk turut berkontribusi bagi upaya peningkatan kelas bagi para pelaku UMKM.

“Saya mengajak perbankan nasional untuk turut berkontribusi bagi upaya peningkatan kelas para pelaku UMKM, dari usaha mikro jadi usaha kecil, dan seterusnya,” tambah Presiden.

Bank-bank, lanjut Presiden, jangan hanya membiayai yang besar-besar saja. Jangan lupa ada 60 juta pelaku UMKM di Indonesia, “Sesekali ada baiknya pimpinan bank blusukan ke daerah agar mengetahui bahwa banyak hal yang dapat mereka lakukan untuk membuat perekonomian daerah dan masyarakatnya menjadi jauh lebih baik,” tukasnya.