Dana Desa Tingkatkan Perekomian Desa

M. Isa | Selasa, 27/03/2018 19:03 WIB
Dana Desa Tingkatkan Perekomian Desa Anna Muawanah menyapa warga disela-sela kunjungan ke Desa Bacem, Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid mengungkapkan bahwa dana desa pematang panjang memudahkan akses ratusan hektar sawah di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

"Ini di belakang ini (jalan dana desa) ada kurang lebih 400-500 hektare sawah. Jalan ini adalah jalan warga untuk akses persawahan," kata Taufik Madjid, Senin 26 Maret 2018.

Baca juga: Tingkatkan Pengetahuan, Kemendesa PDTT-Perpusnas Jalin Kerjasama

Menurut Taufik, di Kalimantan Selatan fokus dana desa dalam rangka pembangunan pertanian dan perkebunan sehingga para petani dapat meningkatkan produktifitasnya.

"Kalau di Kalsel ini titik tekannya untuk mendukung pertanian dan perkebunan. Sebagian digunakan untuk peningkatan desa wisata," tambah Taufik.

Taufik berharap dengan adanya dana desa, masyarakat dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Baik melalui hasil pertanian maupun perkebunan.