Tumbangkan City 2 Gol Tanpa Balas, Arsenal Melaju ke Final Piala FA

Ahmad Zubaidi | Minggu, 19/07/2020 06:32 WIB
Tumbangkan City 2 Gol Tanpa Balas, Arsenal Melaju ke Final Piala FA Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal FC). (Foto: bolacom)

RADARBANGSA.COM - Arsenal berhasil melaju ke final Piala FA 2019/20, usai menang 2-0 atas Manchester City pada laga semifinal di Stadion Wembley, Minggu, 19 Juli 2020 dini hari WIB.

Dua gol Pierre-Emerick Aubameyang ke gawang Ederson pada masing-masing babak mengandaskan mimpi Pep Guardiola untuk mempertahankan gelar Piala FA.

Dalam laga ini City banyak menguasai bola, serangannya bisa mudah dipatahkan Arsenal sejak menit pertama. City mengancam melalui tandukan Eric Garcia memanfaatkan skema corner, namun masih bisa diblok barisan belakang Arsenal. Menit 15, Arsenal sempat mencetak gol melalui Alexandre Lacazette, namun dianulir karena dia sudah lebih dulu offside, saat menerima umpan terobosan Dani Ceballos.

Empat menit berselang, Arsenal benar-benar unggul 1-0 atas City setelah crossing menyilang Nicolas Pepe dari sisi kanan, diterima Aubameyang, yang berada di sisi kiri menjadi gol lalu melepas sontekan yang mengirim bola ke tiang jauh, tanpa bisa diantisipasi Ederson Moraes.

Tertinggal, City banyak menekan lawan, dengan melepas sejumlah tembakan jarak jauh, namun bisa diblok atau masih melenceng dari gawang Arsenal. Hingga babak pertama tuntas, skor 1-0 tetap bertahan.

Pun demikian di babak kedua, City langsung menekan Arsenal di menit-menit awal babak kedua dan Raheem Sterling sempat dua kali mendapat peluang, namun masih melenceng. Ancaman lain diberikan City via Riyad Mahrez di menit 54, yang bisa merangsek ke kotak penalti, dan menendang bola dengan kaki kirinya namun diredam Emiliano Martinez.

Di tengah upaya City mencetak gol penyeimbang, Arsenal malah bisa mencuri gol keduanya pada menit ke-71. Kieran Tierney mengirim umpan terobosan ke Aubameyang di sisi kiri, lalu bola digiring ke kotak penalti, lalu melepas sontekan ringan di kotak penalti dan bola gagal diamankan Ederson.

City kian kesulitan mengejar Arsenal. Penguasaan bolanya tak berarti, sebab Meriam London bermain cukup rapi di lini tengah dan belakangnya, yang membuat skuad Pep Guardiola kesulitan membongkarnya. Hingga laga bubar, City pun gagal mencetak gol sama sekali ke gawang lawan. Alhasil, Arsenal melaju ke final lewat kemenangan 2-0.

Selanjutnya, Arsenal tinggal menunggu pemenang antara Machester United vs Chelsea, yang baru akan bertanding pada Senin, 20 Juli 2020 dini hari WIB. Adapun final akan digelar pada 1 Agustus mendatang di Stadion Wembley. Adapun bagi City, mereka gagal mempertahankan gelar juaranya, yang diraih musim lalu. Kegagalan di Piala FA juga menambah derita tim Biru Langit, usai gagal juga mempertahankan trofi Liga Inggris.