Pemkot Pariaman Harap Pembukaan Jalan Lembah Anai Tingkatkan Kunjungan Tabuik

Rahmad Novandri | Rabu, 17/07/2024 19:45 WIB
Pemkot Pariaman Harap Pembukaan Jalan Lembah Anai Tingkatkan Kunjungan Tabuik Festival Budaya Tabuik di Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto: IG @ayokepariaman)

RADARBANGSA.COM - Puncak acara 'Pesona Budaya Tabuik Piaman' Kota Pariaman akan berlangsung pada Minggu, 21 Juli 2024 mendatang. Plt Walikota Pariaman, Roberia mengharapkan pembukaan jalan nasional Padang-Bukittinggi via Lembah Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera barat pada tangal tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Mudah-mudahan paginya kendaraan sudah bisa dibuka sehingga wisatawan bisa datang ke Pariaman melalui jalan Lembah Anai," kata Penjabat Walikota Pariaman Roberia dilansir dari antaranews, Rabu, 17 Juli 2024.

Ia mengatakan pada 21 Juli tersebut seluruh kendaraan sudah bisa melintasi jalan yang amblas akibat banjir bandang sekitar dua bulan yang lalu sehingga diharapkan kunjungan Prosesi Hoyak Tabuik meningkat.

Namun, kata dia,  jika hingga tanggal tersebut jalan itu belum bisa dibuka untuk umum maka wisatawan masih bisa melintasi jalan Malalak dan Sitinjau Lauik.

"Untuk kendaraan roda dua dan mobil pribadi masih bisa melintasi Malalak," tuturnya.

Roberia menyampaikan hasil peninjauannya ke jalan Lembah Anai beberapa hari lalu terlihat arus kendaraan roda dua sudah mulai lancar. "Beda hal dengan tiga minggu lalu, arus kendaraan roda dua masih macet," ujarnya.

Ia mengatakan, Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 dilaksanakan semenjak 7 Juli atau 1 Muharram dan kegiatan budaya serta wisata tahunan itu akan berakhir pada 21 Juli. Dari 7 sampai 21 Juli tersebut banyak prosesi dan kegiatan yang dilaksanakan.


Berita Terkait :