Menparekraf Sebut Sumarak Ramadhan 2024 Momentum Perkuat Ekosistem Pariwisata Halal

Rahmad Novandri | Selasa, 26/03/2024 08:05 WIB
Menparekraf Sebut Sumarak Ramadhan 2024 Momentum Perkuat Ekosistem Pariwisata Halal Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi stand bazar usai meresmikan Sumarak Ramadhan 2024 di Padang, Sumatera Barat. (Foto: Kemenparekraf RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno resmi membuka Sumarak Ramadhan 2024/1445 Hijriah sebagai upaya memperkuat ekosistem pariwisata halal sekaligus menjadi kontributor terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat.

"Event seperti Sumarak Ramadhan ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat ekosistem pariwisata halal kita," kata Menparekraf saat membuka Sumarak Ramadhan 2024 yang berlangsung di halaman Masjid Raya Sumatera Barat, Kota Padang.

Indonesia, menurut Sandi, berhasil menduduki peringkat satu sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia versi Global Muslim Travel Index 2023. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah Masjid Raya Sumatra Barat, yang merupakan satu dari tujuh masjid dengan arsitektur terbaik di dunia. 

"Karena itu kita akan bekerja sama menghadirkan beragam event-event menarik di kawasan Masjid Raya Sumatra Barat ini," tambahnya dikutip dari okezone, Selasa, 26 Maret 2024.

Dalam waktu dekat, akan ada event yang diusung, yakni silaturahim bersama keluarga besar Syaikh Al-Minangkabawi di Masjid Raya Sumatera Barat. Menparekraf Sandiaga berencana memasukkan event tersebut sebagai event road to World Islamic Entrepreneurship Summit 2025.

"Padang dan Sumatera Barat secara umum menjadi salah satu referensi dan acuan. Kita harapkan dengan adanya persiapan road to World Islamic Entrepreneurship Summit 2025 bisa menjadi momentum untuk kita menarik lebih dari 15 juta wisatawan ke Sumatera Barat dan menopang 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2024," ujar Sandiaga.

Sandi menggarisbawahi, daya tarik utama Sumatera Barat selain wisata religi adalah wisata kuliner.

Karenanya, Ia mengapresiasi pemerintah daerah atas terselenggaranya Sumarak Ramadhan yang berlangsung pada 22 hingga 31 Maret 2024. Sumarak Ramadhan menghadirkan aneka kuliner khas Minang hingga kuliner kekinian.

"Di sini hanya ada dua tipe makanan yaitu enak dan enak sekali," tukasnya.