Menparekraf Sebut Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Rahmad Novandri | Jum'at, 04/06/2021 22:53 WIB
Menparekraf Sebut Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Doc: Parekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan bahwa desa wisata adalah simbol kebangkitan ekonomi nasional. Hal itu, menurutnya, karena desa wisata dapat menjadi andalan untuk mendongkrak pariwisata.

"Desa Wisata menjadi andalan Kemenparekraf untuk mendongkrak pariwisata yang sifatnya personalized, customized, localized, dan smaller in size," ujarnya seperti dikutip dari antaranews.com, Jumat, 4 Juni 2021.

Sandi menyampaikan hal tersebut usai sosialisasi "Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021" di Desa Wisata Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk itu, ia berharap Pemprov Jateng memasukkan desa-desa wisata yang berkelas dunia seperti Karangrejo, Candirejo, dan beberapa desa wisata lainnya untuk turut berpartisipasi dalam anugerah desa wisata tersebut.

"Saya titip sama Pak Sinung (Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah) untuk menyiapkan desa wisata karena anugerah desa wisata akan ditutup pada 26 Juni 2021 dan harapan kami ada 500 desa wisata yang akan berpartisipasi dan tentunya ini adalah bentuk dari adaptasi kita ditengah COVID-19," tuturnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakan oleh Kemenparekraf dengan mengangkat tema "Indonesia Bangkit". Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.