Mudik Dilarang, Pemerintah Tetap Buka Destinasi Wisata Candi

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 12/04/2021 13:02 WIB
Mudik Dilarang, Pemerintah Tetap Buka Destinasi Wisata Candi Candi Borobudur. (Foto: twitter @idbcpr)

RADARBANGSA.COM - Kendati ada ketentuan larangan mudik, destinasi wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko tetap buka.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi atau TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono mengkonfirmasi hal ini dengan mengatakan bahwa candi-candi di bawah pengelolaan PT TWC tidak akan tutup meski larangan mudik mengemuka.

“Tujuannya, menjaga denyut wisata dan ekosistem ekonomi di sekitarnya agar pulih,”sambung Edy.

Kendati demikian, ia mengatakan akan mematuhi apapun kebijakan pemerintah.

"Kami akan patuhi apapun keputusan pemerintah, meskipun di satu sisi kami berharap juga ada kelonggaran," kata Edy belum lama ini.

Saat ini kuota kunjungan di Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko masing-masing sebanyak 3000 wisatawan setiap hari. Angka yang sama berlaku hingga libur Lebaran nanti.

Kendati sudah dipatok sebanyak 3.000 wisatawan per hari, jumlah rata-rata kunjungan ke tiga candi ini hanya maksimal 1.000 orang.

"Kami akan terus beroperasi agar denyut wisata dan ekonomi di sekitar candi tidak terhenti," kata dia.

Dari sisi operasional, dia melanjutkan, pembatasan jumlah wisatawan ini memicu kerugian. Namun demikian akan lebih merugi lagi apabila wisata candi tutup sama sekali. Terutama mengorbankan pelaku usaha pariwisata di sekitarnya.


Berita Terkait :