Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total Hingga Akhir Maret 2021

Rahmad Novandri | Rabu, 30/12/2020 20:30 WIB
Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total Hingga Akhir Maret 2021 Gunung Semeru. (Foto: nusadailycom)

RADARBANGSA.COM - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) memutuskan untuk menutup total pendakian Gunung Semeru di Jawa Timur hingga 31 Maret 2021 mendatang. Keputusan tersebut tertuang dalam surat Pengumuman Nomor PG.15/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2020.

Plt Kepala Balai Besar TNBTS, Agus Budi Santosa menjelaskan, penutupan total tersebut mempertimbangkan kondisi klimatologi serta peningkatan curah hujan, dan kemungkinan terjadinya badai yang bisa membahayakan keselamatan para pendaki.

“Kegiatan pendakian Gunung Semeru ditutup secara total hingga 31 Maret 2021,” kata Agus di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, 30 Desember 2020.

Menurutnya, keputusan untuk menutup secara total pendakian Gunung Semeru tersebut memertimbangkan hal-hal yang telah diperkirakan oleh Stasiun Klimatologi Karangploso, dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), seperti adanya peningkatan curah hujan, dan lainnya.

Agus mengungkapkan, pada 29 November 2020, pihaknya telah mengeluarkan Pengumuman Nomor PG.10/T.8/BIDTEK.1/KSA11/2020 tentang Penutupan Sementara Kegiatan Pendakian Gunung Semeru. Namun, akhirnya Balai Besar TNBTS memutuskan untuk menutup secara total pendakian setelah mempertimbangkan kondisi cuaca saat ini.

“Penutupan ini juga bertujuan untuk memulihkan, serta revitalisasi ekosistem Semeru,” tuturnya.

Tercatat, berdasarkan data dari Balai Besar TNBTS, ada sebanyak 4.763 orang pendaki yang harus melakukan penjadwalan ulang, menyusul penutupan Gunung Semeru secara total tersebut.


Berita Terkait :