Genius Umar: Berkah Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2019

Rahmad Novandri | Senin, 16/12/2019 17:10 WIB
Genius Umar: Berkah Kota Pariaman Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2019 Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan Piagam Rekor MURI peserta terbanyak atraksi Gandang Tasa dalam acara Puncak Hari Nusantara 2019 di Panta Gandoriah, Kota Pariaman, Sabtu (14/12). (Foto: twitter @KominfoSumbar)

PARIAMAN, RADARBANGSA.COM - Kota Pariaman, Sumatera Barat didapuk menjadi tuan rumah puncak Hari Nusantara 2019. Kegiatan tersebut berlangsung di Pantai Gandoriah, Sabtu, 14 Desember 2019.

Peringatan puncak acara Hari Nusantara 2019 dimeriahkan dengan beragam agenda. Acara ini juga sukses menorehkan rekor MURI Gandang Tasa khas Pariaman yang dengan peserta 1.000 orang pelajar.

Selain itu, kegiatan yang juga dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menko Perekonomian Airlanga Hartarto itu juga menggelar Parade Perahu Hias. Dalam pidato pembukaannya, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan bahwa kegiatan puncak hari nusantara ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat Pariaman yang didapuk menjadi tuan rumah.

"Dipercayakannya Kota Pariaman sebagai tuan rumah Peringatan Hari Nusantara tahun 2019 menjadi berkah tersendiri bagi Kota Pariaman, terutama dalam pembangunan infrastruktur. Akses jalan menuju lokasi Puncak Acara peringatan Hari Nusantara di Pantai Gandoriah berhasil diaspal hotmix hanya dalam tempo dua hari pengerjaan saja," kata Genius di hadapan ribuan masyarakat yang hadir.

Disampaikannya, tak hanya infrastruktur, acara ini turut mengembangkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat, khususnya keluarga nelayan yang berada di sepanjang Pantai Gandoriah.

"Kawasan pantai dan pulau-pulau yang dulunya tidak menarik, kita bangun menjadi destinasi wisata yang menarik. Kawasan perkampungan nelayan yang dulunya kumuh, kita jadikan kawasan wisata kuliner yang mengunggah selera, sehingga memiliki nilai tambah terhadap peningkatan ekonomi keluarga nelayan di Kota Pariaman," tuturnya seperti dilansir dari kumparan.com, Senin, 16 Desember 2019.

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap bahwa momentum peringatan Hari Nusantara bisa melahirkan semangat yang mencerminkan kekuatan dan kekompakan bangsa. ia berpesan, masyarakat Kota Pariaman mampu mengembangkan potensi ekonomi, khususnya di sektor pariwisata.

"Peringatan Hari Nusantara merupakan sarana penguat wawasan nusantara dan sarana mengembangkan potensi daerah seperti menjadi destinasi pariwisata nasional maupun internasional," ucapnya.


Berita Terkait :