Toba Caldera Resort Penggerak Ekonomi Baru Masyarakat Sumut

Ahmad Zubaidi | Rabu, 16/10/2019 08:09 WIB
Toba Caldera Resort Penggerak Ekonomi Baru Masyarakat Sumut Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menanam pohon di kawasan Toba Caldera Resort (foto kemenpargoid)

SAMOSIR, RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap Toba Caldera Resort yang diresmikan pada Senin 14 Oktober 2019 bisa bermanfaat bagi warga setempat dan menjadi penggerak perekonomian baru di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Toba Caldera Resort harus menjadi penggerak ekonomi bagi masyarakat setempat. Tidak ada satu pun desa yang kami korbankan demi keberadaan Toba Caldera. Sesuai amanat Presiden, pemerintah berperan membantu mengatur pengelolaannya sehingga pembangunan dapat dilakukan secara menyeluruh," ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Toba Caldera Resort, Senin 14 Oktober 2019.

Pada kesempatan itu Luhut didampingi Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, serta perwakilan kementerian terkait.

Dilanjutkan Luhut, Presiden Jokowi berpesan agar penyelesaian urusan tanah adat yang digunakan untuk akses jalan menuju Toba Caldera Resort segera diselesaikan dengan cara yang baik.

Pihaknya menerima dengan tangan terbuka bagi siapa saja yang ingin berdiskusi terutama terkait keberadaan tanah adat tersebut. Terlebih bahwa kawasan Toba Caldera juga dapat digunakan bagi kepentingan adat. Jadi, masyarakat yang hendak menggunakan lokasi ini hanya perlu menginformasikan terlebih dahulu mengenai rencana pemakaian tempat.

"Pembangunan di sini akan dilakukan secara menyeluruh. Di sekitar Danau Toba ini ada 39 spot pariwisata, kami akan membangun spot tersebut satu persatu. Untuk itu, perlu dukungan berbagai pihak sehingga pembangunan berjalan sesuai target yang diharapkan," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Menpar Arief Yahya menyampaikan komitmen sejumlah kementerian untuk memajukan pariwisata Danau Toba. Ia mengatakan, sejumlah kementerian telah bersama membangun Danau Toba, baik dari segi dukungan maupun pendanaan. Selain itu, untuk segi pendanaan Badan Otorita Danau Toba bersama pemda setempat telah menggandeng pihak swasta untuk melakukan investasi.

"Kami mengundang lebih banyak lagi investor untuk bersama memajukan Danau Toba. Daerah ini milik kita bersama, maka mari bersama membangun Danau Toba," ujar Menpar.


Berita Terkait :