Meriahkan Wisata Budaya, Kota Pariaman Tambah Tabuik jadi Enam Unit

Rahmad Novandri | Sabtu, 07/09/2019 08:01 WIB
Meriahkan Wisata Budaya, Kota Pariaman Tambah Tabuik jadi Enam Unit Festival Budaya Tabuik di Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto: IG @ayokepariaman)

PARIAMAN, RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat menambah empat tabuik untuk memeriahkan `Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2019`. Total tabuik menjadi 6 unit yang akan ditampilkan pada puncak acara tersebut.

"Dua tabuik ketinggiannya 12 meter sedangkan empat lagi ukurannya setengah dari ukuran biasa," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar seperti dilansir dari antaranews.com, Sabtu, 7 September 2019.

Dia menerangkan, dua tabuik tersebut yakni Tabuik Pasa dan Subarang. Sedangkan empat lagi merupakan tabuik yang dibuat dan dibawa oleh empat kecamatan di Kota Pariaman.

Baca Juga: Menpar Dorong Pesta Budaya `Tabuik Pariaman` Masuk Kalender Wisata Nasional

Puncak acara tabuik akan diselenggarakan pada Minggu, 15 September 2019 mendatang. Nantinya, empat tabuik tersebut ikut memeriahkan acara budaya yang dihadiri ratusan ribu wisatawan itu.

"Empat tabuik tambahan juga dioyak oleh warga dan kepala Desa di masing-masing kecamatan," ujarnya.

Sebelumnya disampaikan Genius, Pemkot Pariaman berencana menambah 71 unit sesuai jumlah desa dan kelurahan di Kota Pariaman. Namun, lanjutnya, karena pertimbangan lokasi akhirnya rencana tersebut ditunda tahun depan.

"Tapi ukuran Tabuik dari desa dan kelurahan ini jauh lebih kecil lagi dari pada biasanya," pungkasnya. 


Berita Terkait :