Menpar Dorong Pesta Budaya `Tabuik Pariaman` Masuk Kalender Wisata Nasional

Rahmad Novandri | Senin, 12/11/2018 07:42 WIB
Menpar Dorong Pesta Budaya `Tabuik Pariaman` Masuk Kalender Wisata Nasional Pesta Budaya Tabuik di Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto: banunpiamancom)

PARIAMAN, RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mendorong pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat untuk segera mengupayakan pesta budaya `Tabuik` masuk dalam kalender wisata nasional. Hal itu disampaikan Menpar saat menutup kegiatan Tour de Singkarak 2018 di Pariaman, Minggu, 11 November 2018.

"Saat ini pesta budaya tabuik belum masuk ke kalender kegiatan nasional. Oleh karena itu, perlu upaya lebih keras dari pemerintah daerah untuk mewujudkannya," kata Arief.

Ia menyebut, tidak tercatatnya tabuik ke dalam kalender wisata nasional disebabkan belum terpenuhinya sejumlah kriteria berdasarkan penilaian dari tim khusus yang telah dibentuk. Karena, lanjutnya, untuk masuk dalam kalender wisata nasional memang tidak mudah.

Meskipun begitu, Arief yakin festival tabuik yang biasa diselenggarakan tanggal 1-10 Muharram tahun hijriah itu bisa masuk ke dalam kalender wisata nasional. "Jadi kalau mau masuk kalender kegiatan nasional harus memiliki persiapan yang lebih bagus, setidaknya setara dengan pelaksanaan Tour de Singkarak," jelasnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan pesta budaya tabuik merupakan salah satu upaya dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Setiap penyelenggaraannya, lanjut Genius, dihadiri oleh ratusan ribu wisatawan dari dalam dan luar negeri.

"Pesta budaya tabuik sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Oleh karena itu perlua diperjuangkan agar masuk ke dalam kalender event nasional," ucap Genius. 


Berita Terkait :