Jalur Pantai Selatan Jawa Rampung, Bisa Digunakan Mudik dan Berwisata

Rahmad Novandri | Senin, 07/05/2018 07:35 WIB
Jalur Pantai Selatan Jawa Rampung, Bisa Digunakan Mudik dan Berwisata Jalan di salah satu jalur pantai selatan Jawa terlihat mulus dan lebar setelah direvitalisasi oleh Kementerian PUPR beberapa waktu lalu.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mempromosikan Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa karena sudah bisa menjadi alternatif para pemudik tahun 2018. Jalan Pansela Jawa memiliki panjang 1.405 km yang membentang menyusuri garis tepi Pantai Selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur.

"Jalur Pansela sudah bagus dari Banten sampai ke Yogyakarta, hanya sedikit di Kebumen ada ruas yang belum dilebarkan dan akan dikerjakan tahun ini. Selanjutnya dari Yogyakarta hingga Ponorogo, beberapa waktu lalu saya lewati, jalannya sudah cukup lebar," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang dikutip dari laman detik.com, Senin, 7 Mei 2018.

Basuki mengaku mempromosikan Jalur Pansela kepada para pemudik karena sepanjang jalan terdapat banyak destinasi wisata yang menarik. Para pemudik akan disuguhi pemandangan hamparan sawah, pegunungan dan pantai sekaligus menjadi spot foto yang bagus bagi pemudik.

"Kita promosikan supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga obyek wisatanya. Namun untuk Pansela mulai Trenggalek-Tulung Agung-Malang hingga Banyuwangi sebagian belum tersambung," jelas Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan, penanganan jalan Pansela Jawa terus dilakukan guna meningkatkan kecepatan, keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan. Kondisi yang sudah mantap akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.


Berita Terkait :