Penting! Ini Cara Buat Password Aman dan Mudah Diingat

Rahmad Novandri | Rabu, 20/12/2023 20:36 WIB
Penting! Ini Cara Buat Password Aman dan Mudah Diingat Tips password aman. (Foto: DigitalMamaID)

RADARBANGSA.COM - Password aman sangat penting untuk melindungi dan menjaga data dan privasi kita. Di sisi lain, masih banyak orang yang masih abai terhadap pentingnya password yang aman.

Sebab, password yang aman umumnya sama saja dengan password yang sulit diingat. Semakin sulit diingat, maka semakin sulit peretas menebak password kita.

Nah, beberapa tips ini bisa Anda coba agar password aman dan bisa diingat, sebagaimana disadur dari detikinet, antara lain:

1. Pakai Password yang Sulit Ditebak

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada baiknya password yang kita miliki tidak mudah untuk ditebak oleh orang lain. Misalnya jangan mencantumkan informasi diri yang mudah diketahui orang lain melalui sosial media atau media lainnya, seperti tanggal hingga tahun lahir atau benda favorit. Gunakanlah variasi antara huruf, angka, dan lambang.

Contoh password aman:

Bisa1nAj4*

2. Manfaatkan Password Manager & Generator

Bagi kita yang sulit membuat atau menghafal password, maka tools password manager bisa sangat berguna. Pasalnya, tools ini mampu memberikan password yang kuat sehingga aman untuk digunakan. Apalagi, tools ini akan menyimpan password tersebut secara otomatis sehingga kita tak perlu lagi repot-repot menghafal password atau mencatatnya yang beresiko dilihat oleh orang lain.

3. Pakai Password di Semua Perangkatmu

manfaatkan fitur keamanan di setiap perangkat, seperti lockscreen dan verifikasi dua arah untuk meminimalisir kesempatan orang lain dalam membobol perangkat kita.

4. Rutin Mengubah Password

Mengganti password secara rutin dapat mempersulit peretas membobol data kita, karena mereka yang sebelumnya berhasil menebak password kita bisa kewalahan dengan password baru. Untuk itu, Google menyarankan agar kita merubah password setiap 3 bulan sekali. Tapi ini bergantung pada sensitivitas data kita. Semakin sensitif data kita, maka disarankan harus semakin sering kita mengganti password.

5. Memperbarui Perangkat Lunak

Para peretas biasanya menarget perangkat lunak yang rentan. Dengan memperbarui sofware, maka kerentanan tersebut akan berkurang sehingga para peretas akan semakin sulit membobol data kita.

6. Aktifkan Fitur Keamanan 2 Tahap

Fitur ini sudah berlaku di berbagai layanan seperti media sosial, perbankan, atau lainnya yang aktif di dunia maya. Dengan adanya fitur ini, maka peretas akan hampir mustahil melakukan kejahatannya walau password sudha berhasil diperoleh. Kita bisa menggunakan fitur Two Factor Authentication (2FA) melalui kode verifikasi via telepon atau SMS, Google authenticator, dll.

7. Jangan Bocorkan Password-mu

Rahasiakan password-mu dengan tidak memberitahukannya kepada siapapun, atau malah menuliskannya melalui catatan atau apapun itu. Bila kamu takut kesulitan mengingat password, maka gunakan layanan pihak ketiga atau password manager.

8. Hindari 1 Password untuk Semua Akun

Menggunakan password yang sama pada setiap akun dapat memperluas dampak kebocoran data, karena begitu peretas berhasil menebak satu password akun, maka ia bisa meretas semua akun yang kita miliki yang nantinya mengarah pada eksploitasi data. Untuk itu, penting bagi kita menggunakan password yang berbeda di setiap akun yang berbeda pula.

9. Aplikasikan Syarat Password yang Aman

Layanan milik Bill gates, Microsoft, memberikan syarat password sehingga aman untuk digunakan. Berikut syarat-syarat tersebut:

- Menggunakan hurus kecil
- Menggunakan huruf besar
- Menggunakan angka
- Menggunakan simbol


Berita Terkait :