Ingin Coba Tenaga Super Chip Apple M1, Ipad Pro atau Macbook Air?

Neli Elislah | Minggu, 22/08/2021 15:40 WIB
Ingin Coba Tenaga Super Chip Apple M1, Ipad Pro atau Macbook Air? Ipad Pro M1 2021 vs MacBook Air M1 (foto:Imore.com)

RADARBANGSA.COM - Chip M1 yang terpasang di keluaran terbaru iPad Pro 2021 membuat terobosan terbaru bagi sebuah tablet yang sudah dilengkapi teknologi selayaknya sebuah Macbook. Tentunya dengan tambahan sentuhan teknologi terobosan Apple yang tidak bisa lepas dengan iPad, yakni Magic Keyboard. 

Selain itu, berkat kemampuan chip M1, Ipad Pro yang dikeluarkan di dua ukuran ini 11` dan 12,9` Wifi only, atau Wifi + Cell memiliki daya tahan baterai yang mengesankan, dan desain tanpa kipas membuatnya benar-benar senyap. Peningkatan pada kamera Ultra Wide membantu Anda mengambil foto dan video yang bisa mengikuti gerak anda. 

Tentunya, bagi penggemar produk Macbook, untuk menukar sebuah Macbook dengan iPad masih menjadi bahan pertimbangan yang panjang. Terlebih lagi harga Macbook air yang telah dilengkapi dengan chip M1 tidak jauh berbeda dengan iPad yang telah dilengkapi dengan Magic Keyboard. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini komparasi antara iPad Pro 2021 dengan Macbook Air M1.

1. Tampilan dan Desain

Ada dua ukuran iPad Pro untuk dipilih 11 inci dan 12,9 inci dengan yang pertama memiliki resolusi 2.388 x 1.668 dan yang terakhir datang dengan resolusi 2.732 x 2.048. iPad Pro 11 inci memiliki kerapatan piksel 264 ppi, yang seharusnya membuatnya sedikit lebih tajam daripada MacBook Air, meskipun memiliki ukuran layar yang serupa.

Sedangkan, MacBook Air hanya tersedia dalam ukuran 13 inci. Itu tidak berbeda dengan Apple M1 MacBook Air, yang menggunakan sasis eksterior yang sama dengan model sebelumnya. Ini memiliki resolusi 2.560 x 1.600 yang sama (227 ppi), rasio aspek 16:10 yang sama, dan bezel tipis (tetapi tidak ultra-ramping) yang sama. Layar Retina-nya juga menampilkan True Tone, yang secara dinamis menyesuaikan white balance agar sesuai dengan cahaya sekitar.

Baik iPad Pro 11-inci dan 12,9-inci hadir dengan True Tone dan memiliki keunggulan karena kecepatan refresh dinamisnya mencapai 120Hz, memberi mereka pengguliran dan animasi yang mulus dan indah. MacBook Air masih terkunci pada 60Hz.

iPad Pro 12,9 inci hadir dengan layar Liquid Retina XDR Apple yang baru. Ini seteguk, tetapi tampilan baru memiliki beberapa fitur yang menjanjikan. Seiring dengan kecepatan refresh yang tinggi, ia juga memiliki 10.000 mini-LED di panel. Itu memungkinkan layar memiliki 2.500 zona peredupan, memberikan rasio kontras 1.000.000:1 yang mengesankan dan nuansa HDR. Apple mengatakan itu setara dengan Pro Display XDR, tetapi itu masih harus dilihat.

2. Performance

iPad Pro 2021 hadir dengan chip M1 yang sama dengan yang ditemukan di MacBook Air. Apple menjanjikan peningkatan kinerja sebesar 50%, yang merupakan lompatan generasi yang sangat mengesankan. Itu berarti mengedit foto dan video, memainkan game yang intens grafis, dan bahkan multitasking akan lebih lancar dari sebelumnya.

M1 MacBook Air memiliki CPU delapan inti, GPU tujuh inti, dan mesin saraf 16 inti Apple. M1 MacBook Air tidak hanya mengalahkan model sebelumnya, tetapi juga pada dasarnya mengalahkan sebagian besar prosesor seluler lainnya, terutama dalam kinerja single-threaded.

3. Portabilitas

Kedua perangkat dirancang untuk portabilitas. MacBook Air adalah laptop Apple tertipis dan teringan, sedangkan status tablet iPad Pro memudahkan untuk dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana pun Anda pergi. MacBook Air memiliki berat 2,8 pon dan berukuran 11,97 x 8,36 x 0,63 inci. Konstruksi all-aluminium membuatnya tetap ringan namun tetap kuat dan kokoh, seperti yang Anda harapkan dari laptop Apple.

iPad Pro 12,9 inci adalah model yang paling dekat dengan MacBook Air dalam hal ukuran. Model Wi-Fi-nya berbobot 1,41 pon, sedangkan versi Wi-Fi dan seluler datang dengan 1,42 pon — setengah dari berat MacBook Air. Ukurannya 11,04 x 8,46 x 0,23 inci, menempatkan dimensinya mendekati ukuran MacBook Air.

Model 11 inci tentunya jauh lebih portabel, dengan berat hanya 1,04 pon dan berukuran 9,74 x 7,02 x 0,23 inci. Ini adalah pilihan yang tepat jika ukuran kecil penting bagi Anda.

Apple mengklaim baterai MacBook Air akan bertahan hingga 15 jam browsing web nirkabel, hingga 18 jam pemutaran Apple TV, dan hingga 30 hari waktu siaga berkat built-in baterai 49,9 watt-jam.

IPad Pro tidak bertahan lama, tetapi tidak jauh di belakang. Apple mengatakan kedua model dapat memberi Anda hingga 10 jam penelusuran web Wi-Fi dan pemutaran video, atau sembilan jam penelusuran web menggunakan jaringan seluler. Model 11 inci memiliki baterai 28,65 watt-jam dibandingkan dengan baterai 40,88 watt-jam model 12,9 inci.

4. Aplikasi

Meskipun ada kemajuan yang dicapai, masih ada kesenjangan yang kuat antara kedua ekosistem aplikasi. Big Sur dan pengenalan chip M1 menandai integrasi terbesar toko aplikasi MacOS dan iOS sejak Mac Catalyst . Catalyst memungkinkan pengembang untuk dengan mudah mem-porting aplikasi iPad mereka ke Mac.

Dengan Big Sur dan M1, banyak aplikasi iPhone dan iPad sekarang berjalan secara native di MacOS . Namun, pengalamannya beragam, untuk sedikitnya. MacBook Air tidak memiliki layar sentuh, jadi Apple telah menerapkan kontrol touchpad, yang paling membingungkan dan paling buruk membuat frustrasi. Pengembang juga harus memilih untuk mengizinkan aplikasi mereka muncul di Mac, dan pengguna akan melihat banyak aplikasi iPhone atau iPad favorit mereka hilang karena pengembang memutuskan untuk tidak melakukannya.

5. Konfigurasi dan Harga

Konfigurasi MacBook Air tidak sekuat terakhir kali, tetapi dengan chip M1 menjadi satu-satunya pilihan, itulah yang diharapkan. Model dasar M1 MacBook Air mencakup chip M1, memori terpadu 8GB, dan SSD 256GB. Pengguna dapat mengonfigurasi model 8GB dengan SSD 512GB, 1TB, dan 2TB sebagai alternatif. Anda juga dapat meningkatkan ke 16GB RAM, dengan model dasar yang dimulai dengan SSD 512GB. Itu dapat ditingkatkan menjadi 1TB atau 2TB.

Untuk I/O, pengguna sama terbatasnya seperti sebelumnya. Anda mendapatkan dua port USB-C, Magic Keyboard, trackpad Force Touch, dan sensor Touch ID. MacBook Air juga mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0. Webcamnya memiliki resolusi 720p suram yang sama dengan yang biasa kita gunakan.

Konfigurasinya bahkan kurang fleksibel di iPad Pro, di mana pengguna hanya menentukan penyimpanan internal (meskipun RAM naik seiring dengan penyimpanan). Model dasar (dalam kedua ukuran) dimulai dengan penyimpanan yang lebih sedikit — hanya 128GB. Ini dapat ditingkatkan menjadi 256GB, 512GB, 1TB, dan sekarang 2TB dengan model-model baru. Versi entry-level 11-inci dengan Wi-Fi dan penyimpanan 128GB berharga $749; maksimalkan dengan penyimpanan 2TB dan konektivitas seluler dan Anda harus membayar $1.999.

Jika Anda lebih suka versi 12 inci, model entry-level mulai dari $1.099, sedangkan model kelas atas berharga $2.299. Itu menempatkan harga premium untuk bergeser dari 11 inci menjadi 12,9 inci pada $200.

Itu lonjakan harga yang cukup besar dari tahun lalu, tetapi perlu diingat bahwa 12,9 inci hadir dengan layar yang ditingkatkan dan keduanya dilengkapi dengan konektivitas 5G .

Bagaimana dengan sampul Keyboard Ajaib baru yang keren untuk iPad Pro? Ini akan memberi Anda perangkat yang bahkan lebih mirip dengan MacBook Air, tetapi berhati-hatilah — harganya sangat mahal. Versi 11 inci berharga $ 299, sedangkan edisi yang lebih besar adalah $ 349 yang menggiurkan. Bahkan dengan iPad Pro 11 inci, Anda akan membayar minimal $1.098 untuk kombinasi tersebut, yang merupakan $99 lebih banyak dari MacBook Air entry-level.

 

 

 

 


Berita Terkait :