Ingin Dapat Obat Gratis Bagi Pasien Isoman Covid-19, Ini Caranya

Neli Elislah | Kamis, 08/07/2021 18:17 WIB
Ingin Dapat Obat Gratis Bagi Pasien Isoman Covid-19, Ini Caranya alodokter salah satu platform yang bekerjasama dengan kemenkes dalam mewujudkan telemedisin (foto:alodokter)

RADARBANGSA.COM - Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerja sama dengan 11 platform telemedisin untuk memberikan obat medis gratis jarak jauh bagi pasien isolasi mandiri Covid-19 khusus warga DKI Jakarta. 

Layanan telemedisin ini memungkinkan pasien isolasi mandiri untuk malakukan konsultasi, obat dan segala kebutuhan pengiriman secara gratis. 

kementrian Kesehatan menjelaskan cara mendapatkan obat gratis via telemedisin bagi pasien Isoman Covid-19 melalui edaran Kemenkes, berikut ini:

  1. Pasien melakukan tes PCR / swab antigen di laboratorium yang teraliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.
    Catatan: Data ini wajib dilaporkan setiap lab penyedia layanan test COVID19 ke Kementerian Kesehatan. Kasus positif adalah pasien yang memiliki hasil positif tes PCR dari 7 hari kebelakang ATAU tes Swab Antigen positif dari dua hari terakhir.
  2. Untuk sementara, program ini hanya berlaku untuk area DKI Jakarta
  3. Pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform layanan telemedisin secara gratis dengan klik link yang terdapat dalam pesan WA dari Kemenkes RI dan memasukan kode voucher di aplikasi yang dipilih.
  4. Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan.
  5. Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.
  6. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma
  7. Pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.
  8. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan.
  9. Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman dari Si Cepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.
    Catatan: Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin.

Pasien Isoman dapat menghubungi telemedisin yang sudah bekerjasama dengan Kemenkes di nomer atau melalui aplikasi di bawah ini:

Nomor telepon Kimia Farma sebagai penyedia obat:

  1. Jakarta Timur     : 08112223049
  2. Jakarta Utara     : 08112221832
  3. Jakarta Pusat     : 087877241590
  4. Jakarta Selatan  : 0895324874355
  5. Jakarta Barat      : 087877241405

11 Platform Layanan Telemedicine

  1. Alodokter
  2. GetWell
  3. Good Doctor
  4. Halodoc
  5. KlikDokter
  6. KlinikGo
  7. Link Sehat
  8. Milvik Dokter
  9. ProSehat
  10. SehatQ
  11. YesDok

Berikut ini obat yang telah ditanggung oleh Kementrian Kesehatan dan akan diterima pasien Isoman Covid-10, ini daftar obatnya:

Paket A (OTG):

Multivitamin (C, D, E, Zinc) 1x1 jumlah 10

Paket Obat B (Ringan):

Multivitamin (C, D, E, Zinc), dosis 1x1, jumlah 10

Azitromisin 500mg, dosis 1x1, jumlah 5

Oseltamivir 75mg, dosis 2x1, jumlah 14

Parasetamol 500mg, dosis jika perlu, jumlah 10.

Di luar obat tersebut biaya ditanggung sendiri. Obat-obat tersebut disiapkan oleh Kimia Farma. Sementara itu, pengiriman menggunakan SiCepat.

 


Berita Terkait :