Belum Nikmati Jaringan 5G, Samsung Sudah Garap 6G

Neli Elislah | Jum'at, 25/06/2021 16:27 WIB
Belum Nikmati Jaringan 5G, Samsung Sudah Garap 6G Samsung mengembangkan jaringan 6G (foto:Samsungnewsroom)

RADARBANGSA.COM - Jaringan 5G hingga saat ini bahkan masih belum merata diseluruh penjuru Indonesia, sementara Samsung sudah melangkah lebih jauh. Dikabarkan Samsung saat ini sedang melakukan pengembangan teknologi jaringan 6G.

Dilansir melalui Kompas.com, Samsung sedang melakukan uji coba menggunakan spektrum frekuensi 140 Ghz atau yang dikategorikan sebagai spektrum frekuensi Terahertz (THz).

Hasil uji coba prototipe jaringan 6G tersebut mampu capai kecepatan download real-time sebesar 6,2 Gbps (gigabit per second) pada jarak 15 meter. 

Uji coba tersebut dipamerkan dalam ajang konferensi komunikasi internasional (ICC) IEEE 2021 itu, merupakan hasil kerjasama dengan University of california, Santa barbara (UCBS).

Perusahaan asal Korea Selatan itu sebelumnya telah merilis laporan yang berisi visi perusahaan mengenai jaringan 6G pada 2020 lalu, Spektrum Frekuensi Thz menjadi salah satu kandidat teknologi yang akan digunakan. 

"Demonstrasi ini dapat menjadi tonggak utama dalam mengeksplorasi kelayakan penggunaan spektrum THz untuk komunikasi nirkabel 6G,” kata Sunghyun Choi, SVP di Samsung Research.

Dikabarkan juga kecepatan transfer jaringan 6G bisa 50 kali lebih cepat dari jaringan 5G. Latensi 6G bisa berpotensi berkurang sepersepuluh dari jaringan 5G. Peningkatan kecepatan transfer dari jaringan 6G akan memungkinkan layanan konektivitas berjalan dengan lebih cepat untuk mendapatkan pengalaman multimedia terbaik, seperti extended reality (XR), high-fidelity mobile hologram, dan sebagainya.

Samsung kabarnya menargetkan jaringan 6G di awal tahun 2028. Sedangkan untuk komersialisasi secara umum ditargetkan berjalan di sekitar 2030 mendatang.

 

 

 

 

 

TAG : 6G , Samsung

Berita Terkait :