WOW! Bitcoin Diprediksi Akhir Tahun Capai Rp 5,8 M

Neli Elislah | Kamis, 15/04/2021 19:37 WIB
WOW! Bitcoin Diprediksi Akhir Tahun Capai Rp 5,8 M Foto : starline

RADARBANGSA.COM – Pertumbuhan nilai aset bitcoin akhir-akhir ini melambung tinggi hingga mencapai rekor USD 63 ribu atau kisaran Rp 921 juta. Tingginya minat investor, menimbulkan prediksi nilai Bitcoin bisa terus tumbuh dan tembus hingga USD 400 ribu atau Rp 5,8 miliar di akhir tahun ini.

"Sekarang, di saat beberapa analis mencoba melihat sampai mana topnya, seorang analis Bloomberg memprediksi harga Bitcoin bisa tembus USD tahun ini," ungkap Forbes, dikutip dari teknologi.id, Kamis, 15 April 2021.

Bloomberg dalam laporan bulanan "Crypto Outlook" yang diterbitkan pada Selasa, 6 April 2021 memproyeksikan bahwa Bitcoin akan terus meroket. Dengan melacak keseluruhan sejarah Bitcoin hingga faktor-faktor lain seperti likuiditas, volatilitas, jumlah pengurangan subsidi penambangan Bitcoin dan banyak lagi.

Terdapat faktor yang lebih luas yang dapat menyebabkan lonjakan harga Bitcoin di tahun 2021 ini. Faktor pandemi Covid-19 yang mengakibatkan ditinggalkannya aset keuangan yang tradisional dan beralih pada aset digital.

Bitcoin adalah mata uang dalam bentuk elektronik, atau bisa disebut juga sebagaimata uang virtual, mata uang digital, atau mata uang kripto (cryptocurrency), sehingga tidak berbentuk secara fisik. Awal mula Bitcoin muncul memiliki harga kurang dari 1 dolar AS per koinnya di tahun 2010. Jika saat ini dirupiahkan hanya sekitar kurang lebih Rp 14.000.

CEO Indodax, Oscar Darmawan menjelaskan bahwa transaksi Bitcoin di Indonesia tergolong kecil, yaitu sekiranya hanya 1 persen dari transaksi volume global. Menurutnya, kenaikan volumenya tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun 2017 lalu. Dikutip dari Kumparan.com pada Kamis, 15 April 2021.

Walaupun tidak ada wujudnya seperti mata uang Rupiah, Bitcoin tetap nyata dan ada. Bitcoin biasa digunakan untuk transaksi online di internet. Namun penggunaan mata uang kripto (cryptocurrency) di Indonesia menjadi alat pembayaran tidak sah. Ditambah lagi dengan adanya rencana bahwa Bank Indonesia (BI) rencananya akan membuat mata uang digital atau digitalisasi rupiah.

TAG : Bitcoin