Kembangkan Vaksin Covid-19, Presiden Jokowi Minta Ilmuan Perhatikan Kaidah Saintifik

M. Isa | Jum'at, 12/03/2021 19:47 WIB
Kembangkan Vaksin Covid-19, Presiden Jokowi Minta Ilmuan Perhatikan Kaidah Saintifik ilustrasi (Credit: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para ilmuan di tanah air agar memperhatikan kaidah-kadiah keilmuan dan saintifik dalam mengembangkan vaksin covid-19.

“Untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat, dan bermutu mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik, kaidah-kaidah keilmuan,” kata Presiden Jokowi melalui siaran youtube sekretariat kabinet, Jumat 12 Maret 2021.

Presiden Jokowi menekankan, tahapan uji klinis terhadap vaksin tersebut harus benar-benar dilakukan sehingga vaksin yang dihasilkan benar-benar efektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Persyaratan dan tahapan ini penting dilakukan untuk membuktikan bahwa proses pembuatan vaksin sangat mengedepankan unsur kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, sehingga vaksin yang dihasilkan aman dan efektif penggunaannya,” tegasnya.

Presiden Jokowi menuturkan, saat ini di dalam negeri tengah dikembangkan dua vaksin COVID-19 yaitu vaksin Merah Putih dan vaksin Nusantara. Pengembangan tersebut harus mendapat dukungan berbagai pihak.


Berita Terkait :