Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Mars?

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 28/07/2020 16:36 WIB
Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Mars? Wahan Antariksa berjalan menuju Mars (Doc: Totabuan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Apakah Anda ingin mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berkunjung ke Planet Merah? Jawabannya tergantung pada sejumlah hal, mulai dari posisi planet-planet hingga teknologi yang digunakan untuk ke sana. Berikut adalah poin penting yang harus kamu ketahui sebelum menemukan jawabannya.

 

Sebenarnya, Seberapa jauh Mars?

Untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Mars, pertama-tama kita harus tahu jarak antara kedua planet.

Mars merupakan planet keempat dari matahari, dan yang kedua paling dekat dengan Bumi (Venus adalah yang terdekat). Namun jarak antara kedua planet ini terus berubah saat mereka mengelilingi matahari.

Dilansir dari Space, secara teori Jarak terdekat antara Bumi dengan Mars adalah saat Mars berada di titik terdekatnya dengan matahari (perihelion) dan saat Bumi berada pada titik terjauh (aphelion). Ini akan membuat planet-planet hanya berjarak 33,9 juta mil (54,6 juta kilometer) terpisah.

Namun, hal ini tidak pernah terjadi dalam catatan sejarah. Jarak terdekat yang pernah tercatat dari kedua planet ini terjadi pada tahun 2003, ketika keduanya hanya berjarak 34,8 juta mil (56 juta km).

Adapun rata – rata Jarak antara kedua planet ini adalah 140 juta mil (225 juta km).

Sedangkan kedua planet ini terpisah sangat jauh ketika keduanya berada di titik terjauh dari matahari dan di sisi yang berlawanan dari bintang. Pada titik ini, jaraknya bisa mencapai 250 juta mil (401 juta km).

 

Wahana Antariksa yang Digunakan menuju Mars

Sejauh ini Space mencatat pesawat ruang angkasa tercepat yang digunakan menuju mars adalah New Horizons milik NASA. Pesawat tak berawak ini diluncurkan pada 19 Januari 2006 kecepatan 36.000 mph (58.000 kpj) dan berhasil melintasi orbit Mars pada 7 April 2006.

Jika penyelidikan dilaksanakan menggunakan pesawat ruang angkasa yang mumpuni dan rute menuju Mars berada dalam garis lurus maka perkiraan waktu yang diperlukan untuk sampai ke Mars adalah:

Perkiraan pendekatan terdekat: 942 jam (39 hari)

Pendekatan terdekat yang terekam: 967 jam (41 hari)

Perkiraan pendekatan terjauh: 6.944 jam (289 hari)

Rata-rata: 3,888 jam (162 hari)

 

Akan tetapi di lapangan, segalanya akan menjadi lebih rumit. Hal ini karena perhitungannya berdasarkan jarak kedua planet dari garis lurus.

Sementara perjalanan terjauh menuju Mars akan melalui matahari dan pesawat ruang angkasa juga bergerak di orbit sekitar bintang tata surya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Mars adalah tergantung pada di mana orbit kedua planet ini berada saat misi diluncurkan. Ini juga tergantung pada perkembangan teknologi pesawat ruang angkasa yang digunakan.


Berita Terkait :