Kominfo Imbau Generasi Milenial Bijak Gunakan Medsos untuk Merawat Keberagaman

Rahmad Novandri | Rabu, 02/10/2019 22:01 WIB
Kominfo Imbau Generasi Milenial Bijak Gunakan Medsos untuk Merawat Keberagaman Kominfo imbau generasi milenial untuk bijak menggunakan sosial media dalam rangka merawat keberagaman. (Dok Kominfo RI)

BLORA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak masyarakat untuk memperteguh persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah keberagaman bangsa. Dalam keseharian, hal itu bisa dilakukan dengan bijak dalam menggunakan internet serta media sosial.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Selamatta Sembiring, menyarankan khususnya generasi muda dalam era post truth atau pascakebenaran seperti ini agar tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Jangan baper (terbawa perasaan-red), jangan mudah emosi, kita harus kepo sebelum share informasi, posting yang penting, bukan yang penting posting, ingat jarimu macan tutulmu," tutur Selamatta Sembiring dalam Forum Diskusi Kebangsaan yang digagas Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Komisi I DPR RI, Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu, 29 September 2019.

Baca Juga: Kominfo Imbau Masyarakat Gunakan Hak untuk Tahu

Menurutnya, di era digital saat ini internet bagai pisau bermata dua, di satu sisi bisa mempererat rasa persatuan, namun di sisi lain internet bisa pula memecah belah kita sebagai satu bangsa, terutama bagi generasi muda jika tidak bijak dalam penggunaannya.

“Hoaks, radikalisme, penipuan, pornografi, bullying, prostitusi, pelanggaran HKI, SARA dan ujaran kebencian adalah ancaman bagi generasi muda melalui internet. Ini menjadi tantangan kita di media sosial,” terang Selamatta.

Oleh karena itu, Direktur TKKP ini mengajak semua generasi mudah untuk memperteguh persatuan dan kesatuan. Menurutnya, kemerdekaan Negara Republik Indonesia diperoleh tidak mudah, namun melalui perjuangan yang heroik para pahlawan pejuang kemerdekaan.

"NKRI tidak lah turun dari langit, bukan pula tumbuh begitu saja dari bumi. Negeri ini merdeka penuh perjuangan yang heroik, dengan mengorbankan harta, benda, bahkan nyawa, dan darah, " ujarnya.

Baca Juga: Kominfo dan BNPT Jalin Kerjasama Tangkal Isu Terorisme di Dunia Maya

Selamatta mengatakan, negara ini bersatu karena kemerdekaan, karena itu harus dipertahankan, untuk mewujudkan tujuan negara yakni kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. "NKRI ini harus dijaga dan dikelola untuk mewujudkan tujuannya. agar NKRI dapat abadi maka kesejahteraan yang berkeadilan harus dipacu. Inilah yang mempersatukan kita saat ini, bersatu padu berjuang keras mengejar ketertinggalan dalam mensejahterakan rakyat secara adil, dan ini dilakukan serius oleh pemerintah saat ini," tegasnya.

Diketahui, Forum Diskusi Kebangsaan dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blora, Sugiono. Acara itu dihadiri ratusan orang generasi muda setempat untuk mendengar paparan dari narasumber Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Yudha, Selamatta Sembiring, dan Pengamat Media, Tri Soekarno Agung.