Kominfo Ingin Tingkatkan Efektivitas Literasi Digital

Rahmad Novandri | Selasa, 02/04/2019 07:01 WIB
Kominfo Ingin Tingkatkan Efektivitas Literasi Digital Rudiantara (Menteri Kominfo RI). (Foto: metrotvnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mencari cara untuk meningkatkan efektivitas literasi digital yang selama ini sudah berjalan baik. Hal itu agar lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang melek teknologi digital.

"Sebetulnya dalam dunia digital, bagaimana membuat masyarakat Indonesia pandai memilah dan memilih konten positif di media sosial. Pandai memanfaatkan alat untuk memberi nilai tambah," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat jumpa pers di Jakarta, Senin, 1 April 2019.

Kominfo sebelumnya melakukan literasi digital untuk masyarakat melalui berbagai program, salah satunya melalui gerakan Siberkreasi yang merupakan gabungan dari komunitas dan individu.

Dari hasil penelitian Siberkreasi terhadap 2.000 orang di Bandung, Denpasar, Surabaya dan Pontianak pada September hingga November 2019 menunjukkan mayoritas responden belajar teknologi digital secara otodidak, jumlahnya di atas 55 persen untuk masing-masing kota. Selebihnya, responden yang berusia 13-18 tahun belajar dari keluarga, teman dan dari sekolah.

Berdasarkan temuan tersebut, Rudiantara menyatakan perlu ada evaluasi mengenai literasi digital agar dapat berjalan lebih efektif. "Bukan berarti yang sudah dilakukan salah, tapi bagaimana supaya lebih efektif lagi," tuturnya.