Ulang Tahun Cak Nun dan Doa Cak Imin

Redaksi | Rabu, 27/05/2020 10:29 WIB
Ulang Tahun Cak Nun dan Doa Cak Imin Cak Imin didampingi sejumlah petinggi PKB silaturrahim ke kediaman Cak Nun di Yogyakarta (foto Radarbangsa/AL)

Oleh: Ahmad Zubaidi*

RADARBANGSA.COM - Tepat 27 Mei 1953, seorang seniman sekaligus budayawan senior Emha Ainun Nadjib dilahirkan. Sosok yang sampai sekarang masih terus dan sangat produktif menghasilkan karya tulis, di sela kesibukan memenuhi undangan pengajian dan jadwal Maiyahan yang rutin diselenggarakan di berbagai tempat.

Setiap orang yang pernah bertemu dengan Cak Nun tentu mempunyai pengalamannya tersendiri. Sebuah narasi panjang tidak akan cukup untuk menceritakan pengalaman itu kedalam sebuah cerita orang per-orang secara tertulis.

Salah satu yang menyimpan cerita itu adalah Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Dalam beberapa kesempatan, pria yang sama-sama dilahirkan di Jombang, Jawa Timur ini saling bertemu, ngobrol panjang lebar tentang apapun.

Penulis berkesempatan mengikuti salah satu pertemuan itu di kediaman Cak Nun, di Yogyakarta. Saat itu Cak Imin sowan ke kediaman Cak Nun usai pertemuan anggota Centrist Democrat International (CDI) sedunia di mana PKB didapuk menjadi tuan rumah.

Gayeng, mungkin satu kata ini mewakili suasana pertemuan dua tokoh bangsa aseli wong nJombang. Letih Cak Imin usai tiga hari full melayani para tamu hingga memimpin sidang CDI nampak sama sekali tidak terlihat saat bertemu sang Rektor Universitas Kehidupan. Secangkir kopi yang disuguhkan dan sebungkus nasi goreng kaki lima pun melengkapi kegayengan pertemuan itu. 

Cak Nun telah berpengaruh dan menginspirasi orang-orang yang bersentuhan dengan beliau. Baik orang orang yang secara tidak langsung bersentuhan melalui membaca karya-karya tulisnya, atau melalui siaran dan rekaman audio-video dari berbagai media, maupun orang-orang yang berinteraksi langsung dalam kehidupannya.

Terlebih keluarga yang bertalian darah dan keluarga Maiyah yang melibatkan diri dalam aktivitas kehidupannya, keberadaan Cak Nun di tengah mereka menjadi sangat spesial.

Hari ini Cak Nun genap berusia 67 tahun. Sebagai sosok yang mengagumi Cak Nun, Cak Imin yang kini menjabat Wakil Ketua DPR RI tak lupa mengucapkan selamat ulang tahun sekaligus mendoakannya tetap sehat dan awet muda.

“Sehat selalu buat #CakNun tersayang, cacaknya seluruh dunia, tetap awet dengan komitmenya pada kebenaran. #67TahunCakNun,” tulis Cak Imin di laman Twitter pribadinya, Rabu, 27 Mei 2020.

Ribuan ucapan, ungkapan syukur, doa terbaik disampaikan oleh khalayak di media sosial. Cak Nun telah menempati ruang di hati banyak orang di Indonesia, bukan hanya jemaah Maiyah saja. Selamat ulang tahun Cak Nun.

*Penikmat kopi di pantri lantai 3


Berita Terkait :