Marc Marquez Diambang Pensiun dari MotoGP, Siapa Penggantinya?

Rahmad Novandri | Kamis, 16/12/2021 17:41 WIB
Marc Marquez Diambang Pensiun dari MotoGP, Siapa Penggantinya? Marc Marquez (Repsol Honda). (Foto: Kompas TV)

RADARBANGSA.COM - Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez diambang pensiun dari MotoGP. Hal itu setelah dirinya mengalami masalah penglihatan akibat terjatuh saat berlatih motocross akhir Oktober 2021 lalu.

Mantan pembalap MotoGP, Marco Melandri menyampaikan saran kepada Repsol Honda agar segera mencari pengganti Marquez. Menurutnya, sejauh ini Honda sangat bergantung kepada The Baby Alien, julukan Marquez.

Bahkan, motor RC213V milik Repsol Honda dplot khusus dan dikembangkan sesuai gaya pembalap asal Spanyol itu. Untuk itu, Melandri menyarankan agar Honda segera mencari pengganti yang hampir sepadan dengan Marquez.

"Marc (Marquez) mendekati usia 30 dan tim (Repsol Honda) harus memiliki pembalap yang kuat," kata Melandri dilansir dari Motosan, Kamis, 16 Desember 2021.

Salah satu pembalap yang diisukan bakal menggantikan posisi Marquez di Honda adalah Fabio Quartararo. Pembalap tim Monster Energy Yamaha itu memulai debut di MotoGP 2019 lalu.

Namun, pembalap asal Prancis itu dapat langsung beradaptasi dan menjadi pesaing kuat perebut gelar juara dunia. Ia akhirnya meraih gelar juara dunia bersama Yamaha pada MotoGP 2021.

Selain itu, ada Pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Jack Miller dari tim Ducati Lenovo. Bahkan, Joan Mir sempat hampir diboyong Honda musim 2018 lalu sebelum mendatangkan Jorge Lorenzo sebagai tandem Marc Marquez.