Mendikbudristek Akan Buka Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional

Neli Elislah | Jum'at, 13/08/2021 16:16 WIB
Mendikbudristek Akan Buka Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional Nadiem Anwar Makariem (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI). (Foto: twitter @zonadamai)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim akan membuka Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021 yang dilakukan secara virtual pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

Fase kualifikasi Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional - BPK Penabur 2021 akan berlangsung secara online pada 14-15 Agustus 2021. Sednagkan, babak final akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2021.

Kejuaraan catur tingkat nasional ini akan diikuti sebanyak 1.217 pelajar se-Indoenesia dan dibuka secara virtula oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Tentunya mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Ketua Umum BPK Penabur, Adri Lazuardi, menyebut dukungan pemerintah sangat penting dan strategis untuk mendorong sekolah turut berperan dalam olahraga.

Hal ini dibutuhkan untuk mewujudkan Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, melalui terciptanya pelajar pancasila.

"Indonesia membutuhkan generasi unggul untuk membangun bangsa, sementara karakter menjadi pilar penting untuk bangsa yang kuat."

"Dan, untuk mencapainya, bisa dimulai dari hal sederhana, yaitu mengasah kejujuran, spotivitas serta daya juang pantang menyerah."

"Semuanya ini dapat dipertajam melalui permainan catur," ucap Adri Lazuardi pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Ketum PB Percasi, GM Utut Adianto, berharap Festiva Catur Pelajar Tingkat Nasional - BPK Penabur 2021 ini lebih membuka mata masyarakat.

Permainan catur yang sederhana ini mengandung banyak manfaat istimewa, terutama dalam membentuk karakter gederasi muda.

Selain itu, bisa membuka jalan menuju pecatur nasional layaknya GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma, dan lain-lain.

 

 


Berita Terkait :