Menpora Pastikan Pelatnas Tetap Jalan Meskipun SEA Games 2021 Ditunda

Neli Elislah | Rabu, 14/07/2021 16:55 WIB
Menpora Pastikan Pelatnas Tetap Jalan Meskipun SEA Games 2021 Ditunda Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk tetap berjalan maskipun SEA Games 2021 di Vietnam yang telah dijadwalkan ditunda akibat pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Menpora sebelumnya telah menerima surat resmi penundaan SEA Games 2021 dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC). Dalam surat tersebut, NOC juga menyampaikan permohonan supaya pelatnas tetap jalan.

"Dalam pembahasan tadi, kami memang benar dalam perencanaan anggaran di Kemenpora bahwa bantuan pemerintah itu diberikan dalam rangka peningkatan prestasi olahraga nasional." ujar Menpora Amali.

Pelatnas akan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Hal tersebut berguna untuk mempersiapkan para atlet pada kompetisi-kompetisi mendatang.

Terkait anggaran, Menpora menegaskan bahwa dalam perencanaan disebutkan bantuan pemerintah untuk prestasi tidak tertuju pada satu event atau multievent. Oleh karena itu, secara umum anggaran dari sisi administrasi perencanaan anggaran tidak ada masalah.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kemenpora karena masih memperbolehkan pelantas untuk tetap dilanjutkan.

“Kami berterima kasih kepada Kemenpora karena pelatnas masih boleh dilanjutkan, seperti diketahui tahun depan kami punya banyak kegiatan seperti Asian Games dan AIMAG,” ungkapnya

Ia juga menyampaikan bahwa KOI selaras dengan apa yang sudah disampaikan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemenpora. Ia memaklumi penundaan SEA Games yang didasarkan pada alasan kesehatan.


Berita Terkait :