PON XX Papua Akan Tetap Digelar 2-15 Oktober 2021

Neli Elislah | Selasa, 16/03/2021 15:10 WIB
PON XX Papua Akan Tetap Digelar 2-15 Oktober 2021 menpora amali (sumber:kemenpora.go.id)

 

RADARBANGSA.COM - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dipastikan tidak akan ditunda lagi seperti sebelumnya di tahun 2020 lalu akibat pandemi COVID-19. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan PON XX di Papua akan tetap dilaksanakan pada tangal 2-15 Oktober 2021. 

“Arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) karena ini sudah siap, kita akan lakukan di 2021. Tidak ada penundaan PON karena ini sudah sempat kita tunda pada 2020,” Ujar Menpora Amali usai rapat terbatas di (Ratas) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 15 Maret 2021.

Menpora Amali menyampaikan atas arahan Presiden Joko Widodo tidak ingin event olahraga nasional ditunda kembali."Dan arahan Pak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada tahun 2021, tidak ada penundaan PON karena ini sempat kita tunda pada tahun 2020,” jelasnya.

Mengenai hal teknis pelaksanaan, Menpora Amali beserta pihaknya akan melihat pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung pada 23 Juli – 8 Agustus 2021 nanti. Terutama terkait penerapan protokol kesehatan karena masih dilanda wabah COVID-19.

“Tentu ada perntanyaan akan seperti apa pelaksanaannya, kita akan lihat perkembangannya nanti. Apakah ini akan dilaksanakan tanpa penonton, atau penonton terbatas, atau dalam kapasitas normal. Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan kedepan. Kita akan lihat penerapannya seperti apa protokol kesehatan, tentu itu menjadi penting, dan harus dilakukan dengan disiplin,” jelasnya.

Menpora Amali juga menyampaikan pesan Presiden Jokowi yang mendorong agar proses vaksinasi dilakukan untuk para atlet, pelatih dan tenaga pendukung sehingga pada saat PON digelar semua peserta atau kontingen sudah tervaksin.

“Bahkan juga bapak Presiden juga mengarahkan agar masyarakat di sekitar venue harus divaksin, dan memastikan bahwa pada saat bulan Oktober nanti mereka sudah tervaksin semuanya,” pungkas Menproa Amali.

TAG : PON XX Papua

Berita Terkait :