Presiden Jokowi Minta Menpora Desain Besar Olahraga Nasional

M. Isa | Senin, 15/03/2021 16:28 WIB
Presiden Jokowi Minta Menpora Desain Besar Olahraga Nasional Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk menyempurnakan Desain Besar Olahraga Nasional. 

“Hari ini saya diberi kesempatan untuk memaparkan (Desain Besar Olahraga Nasional) di hadapan Bapak Presiden. Pada intinya arahan Bapak Presiden, desain besar ini diterima. Tentu ada tambahan di sana sini, ada masukan dari beberapa menteri yang hadir. Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami, itu semua dirumuskan lagi,” ujar Menpora Zainudin Amali dilansir setkab, Senin 15 Maret 2021.

Zainudin Amali menyampaikan, selama ini Indonesia belum memiliki desain khususnya untuk pembinaan prestasi olahraga nasional. Untuk itu, saat Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-37 tahun 2020 lalu, Presiden Jokowi memerintahkan Kemenpora melakukan sejumlah hal.

Diantaranya, kata Menpora, melakukan reviu total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional, menggunakan big data, serta menjadikan sport science sebagai unsur utama di dalam pembinaan olahraga nasional.

“Atas arahan Bapak Presiden dan perintah beliau ketika itu kepada saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, kami segera menyusun desain besar tentang olahraga nasional. Tentu dengan kerja sama bersama-sama stakeholder lainnya, dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), dengan Komite Olimpiade Indonesia, dan NPC (National Paralympic Committee), serta perguruan tinggi, para akademisi, para praktisi di bidang olahraga,” ujarnya.


Berita Terkait :