Hambalang Dipertimbangkan Jadi Sentra Atlet Senior

Neli Elislah | Senin, 15/03/2021 15:14 WIB
Hambalang Dipertimbangkan Jadi Sentra Atlet Senior hambalang (foto:antarafoto.com)

 

RADARBANGSA.COM - Hambalang, Kabupaten Bogor saat ini dipertimbangkan kembali untuk dijadikan tempat pemusatan latihan bagi para atlet senior nasional yang sudah siap untuk bertanding di pertandingan olahraga setingkat internasional.

“Dan, nanti juga kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding,” ucap Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali setelah menghadiri rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 15 Maret 2021.

Pada rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Istana merderka yang dipimpin Presiden Jokowi, secara khusus membahas mengenai Desain Besar Olahraga Nasional atau Grand Design Olahraga Nasional dan juga penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, pada 2 – 15 Oktober 2021 dan Peparnas XVI di Papua.

Rapat tersbut dihadiri oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Setelah sebelumnya sempat direncanakan untuk menjadi tempat pelatihan, pembangunan proyek Hambalang harus diberhentikan, akibat adanya keterlibatan kasus korupsi yang menyeret nama mantan Menpora Andi Mallarangeng dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum.

Kasus korupsi tersebut terjadi di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), periode 2004-2014 dan menyebabkan negara menderita kerugian sebesar Rp 706 miliar.

Menpora Amali menjelaskan jika pembangunan Hambalang menjadi tempat pemusatan latihan diperlukan proses yang sangat panjang. “Tentunya, adalah rangkaian panjang sebab untuk sebuah berprestasi, menurut para pakar minimal dibutuhkan waktu 10 tahun atau 10 ribu jam untuk bisa menuju prestasi,” jelas dia.

Selain di Hambalang, Kabupaten Bogor, pemerintah rencananya juga akan mendirikan 10 sentra pemusatan latihan di sejumlah daerah.

 


Berita Terkait :