Kemenpora Berhasil Menyediakan 1.500 Vaksin Covid-19 untuk Atlet

Neli Elislah | Rabu, 17/02/2021 12:44 WIB
Kemenpora Berhasil Menyediakan 1.500 Vaksin Covid-19 untuk Atlet Gatot S Subroto (sumber: Beritasatu.com)

RADARBANGSA.COM - Permintaan vaksin yang diajukan Kementrian pemuda dan olahraga (Kemenpora) kepada Kementrian kesehatan (Kemenkes) bagi atlet dalam rangka pencegahan Covid-19 akhirnya dikabulkan. Vaksin Covid-19 telah disiapkan sebanyak 1.500 oleh Kemenkes untuk program vaksinasi atlet yang akan dilaksanakan oleh Kemenpora.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto mengatakan, pihak Kempora mendapat kabar Kemkes menyediakan 1.500 vaksin itu dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkes, Oscar Primadi.

"Saya dihubungi melalui telepon selular oleh Pak Oscar Primadi yang memberitahukan Kemenkes telah menyiapkan 1.500 vaksin untuk atlet yang diajukan Kemenpora. Kabar baik ini saya sudah laporkan langsung kepada Pak Menpora. Jadi, pekan ini kita sudah bisa memulai program vaksinasi kepada atlet," kata Gatot Dewa Broto ketika dihubungi, Selasa, 16 Februari 2021.

Program vaksinasi Covid 19 ini, kata Gatot Dewa Broto, akan dilakukan secara bertahap di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur, Jakarta Timur. Hal ini terkait dengan adanya larangan pengumpulan massa dalam jumlah besar. "Kita tidak mungkin mengumpulkan atlet dalam jumlah besar karena adanya larangan. Jadi, program vaksinasi Covid 19 harus dilakukan secara bertahap," jelasnya.

Khusus bagi atlet yang sedang berada di luar Jakarta, Gatot Dewa Broto mengatakan untuk cukup menunggu. Karena, pihak Kemenpora akan berkoordinasi dengan Kemenkes sehingga atlet bisa menjalani program vaksinasi Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Lebih jauh Gatot mengungkapkan, program vaksinasi untuk atlet akan dimulai dengan atlet yang dipersiapkan tampil pada single event maupun multievent yang akan digelar pada tahun 2021. "Atlet pelatnas Olimpiade Tokyo dan SEA Games Vietnam 2021 akan menjadi prioritas utama mendapatkan vaksinasi Covid 19," tutup dia.


Berita Terkait :