Rossi: Yamaha Jeblok di Lintasan Lurus

Rahmad Novandri | Rabu, 06/01/2021 20:20 WIB
Rossi: Yamaha Jeblok di Lintasan Lurus Valentino Rossi (Pembalap Yamaha). (Foto: Sidomicom)

RADARBANGSA.COM - Pembalap Yamaha, Valentino Rossi menyadari bahwa motor balap YZR-M1 tidak bisa diandalkan untuk tampil kompetitif di semua sirkuit. Menurutnya, motor YZR-M1 lemah di lintasan lurus, sehingga kerap tertinggal oleh para pembalap lain.

Kondisi tersebut membuat para rider tim Yamaha gagal bersaing dalam perebutan gelar juara. Meskipun tampil bagus di awal musim, namun perlahan tercecer di posisi belakang.

Selain itu, The Doctor - julukan Rossi menilai mesin Yamaha juga sering bermasalah. Bahkan, Rossi turut merasakan sendiri permasalahan mesin yang membuat motornya mati ditengah balapan.

“Saya selalu mengatakan bahwa mesin adalah masalah besar bagi kami. Karena kami selalu paling lambat di lintasan lurus,” kata Rossi dilansir dari Speedweek, Rabu, 6 Januari 2021.

Pembalap yang kini sudah menginjak usia 42 tahun itu menilai bahwa mesin sudah lama menjadi kekuatan Yamaha. “Selain itu, karakter mesin sudah lama menjadi kekuatan Yamaha. Tapi sekarang yang lain juga tampaknya memiliki mesin yang mulus dalam hal akselerasi," ujarnya.

Namun, ia optimis Yamaha bisa lebih baik di musim mendatang. Karena, lanjutnya, musim lalu Yamaha tampil sebagai konstruktor yang mampu meraih jumlah kemenangan terbanyak.

“Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa di sekitar mesin, dari elektronik hingga knalpot. Ada banyak hal berbeda yang dapat ditingkatkan bahkan tanpa menyentuh mesin. Jika Yamaha melangkah ke arah yang benar, kami bisa meningkat," tuturnya.