Tertua di MotoGP 2021, Rossi Sebut Pembalap Muda Kuat dan Kompetitif

Rahmad Novandri | Selasa, 01/12/2020 19:09 WIB
Tertua di MotoGP 2021, Rossi Sebut Pembalap Muda Kuat dan Kompetitif Valentino Rossi (Yamaha). (Foto: Motorsport.com)

RADARBANGSA.COM - Valentino Rossi kembali tampil di balapan MotoGP 2021 mendatang. Pembalap 41 tahun itu musim depan akan membela tim satelit Yamaha yakni Petronas SRT menggantikan posisi Fabio Quartararo.

Meskipun begitu, ia mengaku siap bersaing dengan para pembalap muda. Rossi sendiri menyebut bahwa pembalap muda sangat kuat dan persaingan musim depan bisa lebih sulit.

Hal itu, jelasnya, karena para pembalap muda sudah terlihat kompetitif sejak tampil di kelas Moto2. Sehingga, saat mereka naik kelas ke MotoGP, pembalap muda bisa langsung bersaing dengan para pembalap senior lainnya di kelas utama.

“Saya senang karena saya juga masih akan balapan pada tahun depan. Kami berharap kami bisa kompetitif. Tetapi, itu sulit karena pembalap muda semakin kuat. Jadi ini tantangan besar, tetapi saya ingin mencobanya,” kata Rossi dikutip dari Speedweek, Selasa, 1 Desember 2020.

Sebagaimana diketahui, pada MotoGP 2021 mendatang ada tiga pembalap baru yang naik kelas ke MotoGP dari Moto2. Salah satunya adalah adik Rossi, Luca Marini yang bergabung dengan Reale Avintia Ducati.

Selain itu, ada pula Jorge Martin (Pramac Ducati) dan Enea Bastianini (Reale Avintia Ducati). “Ada perubahan generasi yang kuat pada tahun-tahun ini, banyak pembalap yang telah maju (naik kelas ke MotoGP),” tuturnya.

Meski begitu, The Doctor (julukan Rossi) masih akan tetap menikmati performanya pada musim depan sebagai pembalap. Meski usia bisa menjadi salah satu penghambat performanya, tetapi ia memiliki keyakinan masih bisa kompetitif.

“Saya percaya bahwa setiap orang memiliki kisah, motivasi, dan semangat mereka sendiri. Usia hanyalah salah satu faktor, tetapi bukan satu-satunya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan,” pungkasnya.